Dosen PHB Manfaatkan Minyak Jelantah Menjadi Sabun

Prodi D-3 Farmasi Politeknik Harapan Bersama (PHB) melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat memberi edukasi dan keterampilan membuat sabun dari bahan minyak jelantah kepada 94 siswa SMK Semesta Bumiayu, Kamis (25/11/2021).

Ketua tim pengabdian kepada masyarakat Aldi Budi Riyanta menuturkan pemanfaatan minyak jelantah digunakan untuk mengurangi resiko-resiko yang buruk kepada manusia maupun lingkungan. 

“Setiap rumah tangga biasanya menghasilkan limbah minyak dari proses penggorengan, minyak yang telah digunakan berulang kali oleh masyarakat di Indonesia sering disebut  sebagai  minyak  jelantah,” kata Aldi.

Banyaknya limbah minyak jelantah yang berasal dari beberapa sumber seperti limbah rumah tangga, industri rumahan, restoran, dan hotel maka diperlukan upaya pemanfaatan limbah minyak jelantah agar tidak terbuang dan menyebabkan pencemaran lingkungan.

Pemanfaatan minyak jelantah, lanjut Aldi, dapat dilakukan dengan melakukan pengolahan minyak jelantah menjadi sabun cair yang dapat digunakan untuk di kehidupan sehari-hari.

“Pengolahan minyak jelantah menjadi sabun dapat menjadi alternatif penggunaan sabun cuci tangan. Di masa pandemi ini, produk sabun cuci tangan dari jelantah dapat mendukung penerapan protokol kesehatan sebagai upaya pencagahan covid-19,” tambah Aldi.

Ani Suciati, guru SMK Semester Bumiayu, menyebutkan siswanya perlu dibekali dengan pengetahuan baru, salah satunya mengenalkan pemanfaatan minyak jelantah untuk dibuat sabun. “Ini sesuatu hal yang baru dan diperlukan sebagai bekal lulus nantinya barangkali untuk kegiatan wirausaha,” ujar Ani.

“Pelatihan ini menjadi bekal saya untuk membuat sendiri sabun di rumah untuk kebutuhan sehari-hari,” kata Reva Septiananda salah seorang siswa SMK Semesta Bumiayu.

26 November 2021 - 18:31:53 WIB   0
Politeknik Harapan Bersama   Prodi D-3 Farmasi  

Share:

Tinggalkan Komentar

Email dan No. HP tidak akan kami publikasikan

Info Penerimaan Mahasiswa