Peduli Tumbuh Kembang Anak Bangsa

Program Studi D-3 Kebidanan Politeknik Harapan Bersama (PHB) melaksanakan kegiatan stimulasi, deteksi, dan intervensi dini tumbuh kembang anak di Laboratorium Kebidanan PHB pada Rabu, (17/11/2021).

Kurikulum Prodi D-3 Kebidanan pada semester 3 terdapat mata kuliah asuhan neonatus bayi dan balita. Pada mata kuliah tersebut diajarkan kepada mahasiswa bagaimana cara melakukan stimulasi, deteksi dan intervensi dini tumbuh kembang anak.  

Dosen pengampu asuhan neonatus bayi dan balita Adevia Maulidya Chikmah, S.ST, M.Kes menjelaskan bahwa stimulasi, deteksi, dan intervensi dini tumbuh kembang anak meliputi pemeriksaan pertumbuhan, perkembangan dan masalah mental emosional sebagai upaya untuk menjaga dan mengoptimalkan tumbuh kembang anak baik fisik, mental maupun  sosial.

“Maka saya mengajak mahasiswa membawa balita secara langsung untuk dilakukan stimulasi, deteksi dan intervensi dini tumbuh kembang anak, hal ini dikarenakan praktikum tersebut tidak bisa dilakukan hanya dengan phantom yang ada dilaboratorium,” ujarnya.

Adevia menuturkan acara dilaksanakan secara beruntun selama hingga 3 hari. Sejumlah 39 balita ditangani mahasiswa untuk diteliti tumbuh kembangnya.

“Tugas seorang bidan sangat penting, mengingat peran bidan di masyarakat amat dibutuhkan untuk konseling serta pendidikan kesehatan yang tidak hanya ditujukan untuk perempuan, melainkan juga pada keluarga, salah satunya adalah melaksanakan deteksi dan intervensi terhadap tumbuh kembang anak,” kata Adevia.


24 November 2021 - 16:12:13 WIB   0
Politeknik Harapan Bersama   Prodi D-3 Kebidanan  

Share:

Tinggalkan Komentar

Email dan No. HP tidak akan kami publikasikan

Info Penerimaan Mahasiswa