54 Mahasiswa Poltek Harber Ikuti Program Kampus Merdeka, Salah Satunya ke Eropa

Bagian Administrasi Akademik (BAA) Politeknik Harapan Bersama (Poltek Harber) mengadakan lepas sambut mahasiswa Poltek Harber yang lolos dalam program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), bertempat di Aula Gedung C, pada Rabu (6/9/23).

    “Program MBKM adalah program yang berbasis pembelajaran berdasarkan pengalaman. 54 mahasiswa menjadi wakil dari Poltek Harber untuk mengikuti MBKM. Kampus saat ini terus membuka kesempatan pada mahasiswa untuk mengikuti berbagai lomba, memberikan berbagai macam fasilitas memadai kesempatan magang dan ikatan dinas,” kata Direktur Poltek Harber, Agung Hendarto.

Agung menjelaskan, PR terbesar saat ini adalah menyiapkan mahasiswa untuk bisa memenuhi kualifikasi yang dibutuhkan. Oleh karena itu, lanjut Agung, kesempatan magang adalah kesempatan yang luar biasa bagaimana bekerja dan meniti karir. 

“Tunjukan mahasiswa bisa bekerja, memiliki pengalaman yang baik, memiliki etos kerja yang baik. Satu hal yang tidak bisa ditawar adalah integritas. Jangan sekali-kali bersikap tidak jujur. Karena itu yang akan menyelamatkan karir Anda semua. Tunjukan bahwa mahasiswa penuh motivasi, inovasi, dan semangat,” ujar Agung.

“Tujuan saya mengikuti program MBKM adalah untuk meningkatkan kualitas diri dengan mendapatkan pengalaman baru, relasi baru, ilmu baru yang nantinya bisa saya bagi ke teman-teman supaya bermanfaat. Hal ini juga menjadi pembuktian dan motivasi bahwa anak desa atau orang yang tinggal di daerah kecil memiliki kesempatan yang sama untuk belajar hingga ke luar negeri,” kata Angga Putra Pratama, salah satu peserta MBKM dari Prodi Desain Komunikasi Visual Poltek Harber.

Angga menambahkan, Ia mendapatkan kesempatan untuk belajar di salah satu Universitas ternama di Irlandia, Eropa yaitu Shannon College University of Hotel Management. Angga berkesempatan belajar di jurusan Perhotelan selama kurang lebih 3-4 bulan lamanya.

“Harapan saya setelah mengikuti program Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) dari MBKM, saya bisa bagikan pengetahuan yang saya dapat kepada mahasiswa poltek harber. Dan dapat memotivasi mereka untuk bisa mendapatkan kesempatan yang sama seperti saya,” tutur Angga.

Kepala BAA Poltek Harber, Ahmad Maulana menjelaskan, bahwa sejumlah 54 mahasiswa Poltek Harber dari berbagai Prodi lolos MBKM. Program MBKM yang diikuti oleh mahasiswa Poltek Harber yaitu Magang, SIB (Studi Independen Bersertifikat), IISMA (Indonesian International Student Mobility Awards), PMM (Pertukaran Mahasiswa Merdeka) dan Wirausaha Merdeka. 

“Melalui pembelajaran berbasis pengalaman yang dilaksanakan dalam program MBKM, mahasiswa dapat mengembangkan keterampilan yang diperlukan untuk bekerja di dunia kerja. Kebijakan MBKM diharapkan menjadi solusi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di Perguruan Tinggi dengan cara memberikan otonomi, fleksibilitas, dan mutu yang optimal,” kata Ahmad Maulana.

06 September 2023 - 17:35:16 WIB   0
Kemahasiswaan   Politeknik Harapan Bersama  

Share:

Tinggalkan Komentar

Email dan No. HP tidak akan kami publikasikan

Info Penerimaan Mahasiswa