Belajar Seduh Kopi Jadi Kompetensi diPoltek Harber

Mahasiswa Program Studi (Prodi) D-3 Perhotelan Politeknik Harapan Bersama (Poltek Harber) mengadakan sebuah kegiatan bertajuk “Workshop Manual Brew Coffee” yang diselenggarakan di gedung D lantai 4, Poltek Harber, pada Selasa (20/12/22).

Wakil Direktur III Poltek Harber, Gunawan Adib Achmadi menuturkan, kegiatan tersebut dilatarbelakangi oleh perkembangan budaya nongkrong di cafe atau coffee shop yang menjadi tren di kalangan pemuda. 

“Mahasiswa sebaiknya aktif mengikuti organisasi dan kegiatan seminar atau workshop, agar teman-teman mempunyai pengalaman dan kesempatan yang sama dengan mahasiswa lain,” tambahnya,” kata Adib.

“Kampus kita memiliki banyak kesempatan untuk mempelajari apa yang sedang tren. Jadi jangan lewatkan kesempatan untuk mendapatkan pengalaman. Karena ketika anda lulus tidak hanya memiliki kemampuan teknis yang dibutuhkan tapi juga mental, pengetahuan, dan wawasan,” tambahnya.

Ketua Prodi D-3 Perhotelan Poltek Harber, Puput Dewi Anggraeni menerangkan, pelatihan menjadi wadah untuk mahasiswa mengembangkan kemampuan dalam mengorganisasi kegiatan. Hal ini sejalan dengan salah satu kompetensi di bidang perhotelan yaitu MICE (Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition).

“Dalam pelatihan ini, mahasiswa belajar untuk menyeduh kopi secara manual dengan teknik vietnam drip, V60 dan lain sebagainya. Kemampuan tersebut menjadi bekal untuk menambah kompetensi yang dimiliki mahasiswa sejalan dengan mata kuliah yang ada di Prodi Perhotelan,” kata Puput.

Proses lokakarya yang dipelajari yaitu penyeduhan atau disebut dengan istilah brewing. “Setelah biji kopi melewati proses roasting dan resting, biji kopi sudah siap untuk diseduh. Pada dasarnya proses penyeduhan ada 2 macam, manual brewing dan basic espresso,” ujar Imam Kuswanto selaku narasumber.

Imam menjelaskan, teknik manual brewing yang paling gampang adalah kopi tubruk. Yang kedua adalah vietnam drip, dinamakan begitu karena alatnya memang berasal dari Vietnam. 

“Dalam teknik vietnam drip harus memperhatikan komposisi susu yang digunakan, karena akan mempengaruhi rasa, walaupun rasa itu kembali kepada selera masing-masing orang,” tutur Imam.

04 Januari 2023 - 11:27:12 WIB   0
Politeknik Harapan Bersama   Prodi D-3 Perhotelan  

Share:

Tinggalkan Komentar

Email dan No. HP tidak akan kami publikasikan

Info Penerimaan Mahasiswa