Dies Natalis Ke-21 Poltek Harber: Tumbuhkan Ekosistem Pengetahuan dan juga Inovasi

Politeknik Harapan Bersama (Poltek Harber) Tegal semakin memantapkan diri menuju Kampus Vokasi bereputasi global. Hal ini terungkap dalam sambutan Ketua Pembina Yayasan Pendidikan Harapan Bersama Sudirman Said, pada acara Sidang Terbuka Senat dalam rangka Dies Natalis ke-21, pada Senin (10/07/23) di Aula Gedung C, Poltek Harber Tegal.

Sudirman Said percaya dengan banyaknya prestasi yang telah diraih, Poltek Harber akan menjadi lembaga pendidikan vokasi yang tahap demi tahap akan menjadi kampus vokasi berkelas global.

“Poltek Harber akan menjadi kawah candradimuka dengan menempa sivitas akademika melalui ilmu dan prestasi. Kehadiran Poltek Harber diharapkan menjadi solusi yang konkrit bagi masyarakat,” ucap Sudirman.

“Terima kasih kepada masyarakat Tegal, Brebes dan sekitarnya yang memberi kepercayaan kepada kami. Saya juga mengucapkan terima kasih kepada pemerintah kota Tegal serta mitra-mitra yang terus membangun dan membersamai Poltek harber,” tambahya.

Direktur Poltek Harber Agung Hendarto menjelaskan, dalam perayaan Dies Natalis ke-21 pihaknya mengajak sivitas akademika untuk mencoba melihat kembali visi Poltek Harber yaitu “Menjadi Politeknik Unggul, Berjiwa Kewirausahaan, Berbasis Kearifan Lokal yang Berdaya Saing Global Tahun 2035.”

“Beberapa pencapaian prestasi mahasiswa pada tahun akademik 2022/2023 yaitu 4 prestasi tingkat Internasional, 33 prestasi tingkat Nasional, dan 18 prestasi tingkat regional. Selain prestasi tersebut, kita masih memiliki pekerjaan rumah yaitu menjadikan Poltek Harber sebagai perguruan tinggi yang menumbuhkan ekosistem pengetahuan dan inovasi,” kata Agung.

Agung menambahkan supaya dapat terwujud ekosistem pengetahuan dan inovasi maka kompetensi dosen, tenaga kependidikan, dan mahasiswa harus terus meningkat. Ekosistem tersebut harus terbangun untuk mempersiapkan Poltek Harber menghadapi tantangan global dan menghasilkan lulusan yang dapat bersaing di dunia kerja dan industri.

Dies Natalis ke-21 Poltek Harber diisi oleh Orasi Ilmiah Dr. Apt. Heru Nurcahyo, S.Farm., M.Sc. dengan judul “Potensi Artificial Intelligence dalam Analisis Pengembangan Produk Kesehatan dengan Memanfaatkan Kekayaan Lokal di Indonesia.” Sebagai dosen yang meneliti bawang merah Brebes sejak tahun 2018, Heru menyoroti perkembangan teknologi, terutama AI, merupakan kesempatan dunia akademis untuk menjadikan kekayaan alam indonesia sebagai tuan rumah di negeri sendiri dan menjadi penyaji produk kesehatan untuk pasar dunia menuju pencapaian visi “Indonesia Emas 2045”.

“Poltek Harber terus mendorong dosen dan mahasiswa untuk berkarya dengan bersinergi dan berinovasi dalam kegiatan penelitian dan pengabdian. Selain itu juga meningkatkan mitra dan kemitraan dengan dunia akademis dan industri untuk menjadikan Harber sebagai kampus yang mampu merealisasikan ekosistem diseminasi pengetahuan, diseminasi penelitian, dan diseminasi inovasi,” ujar Heru.

11 Juli 2023 - 21:12:56 WIB   0
Politeknik Harapan Bersama  

Share:

Tinggalkan Komentar

Email dan No. HP tidak akan kami publikasikan

Info Penerimaan Mahasiswa