Dosen Poltek Harber Jawab Tantangan dengan Literasi Digital

Dosen Program Studi (Prodi) D-3 Akuntansi Politeknik Harapan Bersama (Poltek Harber) menjawab tantangan teknologi masa depan lewat pengenalan literasi digital kepada para siswa di SMA NU Kota Tegal pada Rabu, (08/05/2024).

Kegiatan ini merupakan integrasi dari mata kuliah Literasi Digital pada Prodi D-3 Akuntansi, serta merupakan kegiatan Pengabdian Masyarakat sebagai sarana berbagi pengetahuan sehingga ilmu yang dipelajari di kampus dapat diterapkan dalam kehidupan bermasyarakat, salah satunya kepada generasi muda agar dapat menyebarkan kembali kepada masyarakat luas.

Dosen pengampu mata kuliah Literasi Digital Ghea Dwi Rahmadiane mengungkapkan, dirinya ingin mengarahkan mahasiswa dan para siswa sebagai generasi muda untuk aktif mencari tahu dan mensosialisasikan pengenalan Literasi Digital dan etika privasi online kepada khalayak ramai.

"Di era digital saat ini, penting untuk dipahami dan disadari bersama bahwa dalam penggunaan digital perlu dilakukan secara cakap, cerdas, sadar, dan bijak sehingga dapat terhindar dari cyber crime. Seperti kita ketahui bersama cyber crime seperti hacker, cyber bullying, hate speech, penyebaran hoax sedang marak terjadi dan seringnya menyerang generasi rentan digital, antara lain anak-anak, perempuan, lansia, dan disabilitas. Diharapkan kegiatan ini dapat meminimalisir cyber crime, khususnya pada kejahatan keuangan digital", tambah Ghea.

Kepala Sekolah SMA NU Kota Tegal, Solichun mengungkapkan rasa terima kasihnya atas kedatangan para dosen dan mahasiswa Poltek Harber yang sudah berbagi ilmu pada para siswa. Beliau juga menuturkan lewat pembelajaran Literasi Digital ini diharapkan siswanya mampu memiliki kebijakan dalam era yang serba digital saat ini.

"Materi yang dibagikan kepada para siswa nantinya dapat memberikan manfaat dan bekal dalam menghadapi era digital. Diharapkan kegiatan ini dapat berkelanjutan serta menciptakan kolaborasi yang baik antara SMA NU Kota Tegal dan Poltek Harber", ungkap Solichun.

Kegiatan ini juga melibatkan mahasiswa prodi Akuntansi semester 4 yaitu Idris Maulana Saputra, Icha Allysia, Ade Nur Alyyah, dan Rafiandy Zolanda Satria, serta dosen pengampu lainnya yaitu Bahri Kamal yang memiliki kompetensi dalam bidang Marketing dan Ririh Sri Harjanti yang berkompetisi dalam bidang akuntansi dan perpajakan.

17 Mei 2024 - 14:13:21 WIB   0
Pengabidan Masyarakat   Politeknik Harapan Bersama   Prodi D-3 Akuntansi  

Share:

Tinggalkan Komentar

Email dan No. HP tidak akan kami publikasikan

Info Penerimaan Mahasiswa