Dosen Poltek Harber Inovasi Keuangan Digital UMKM Shuttlecock Lawatan

Seringkali keuangan Usaha Kecil, Mikro dan Menengah (UMKM) dikelola pengelolaan keuangan usaha bercampur dengan keuangan keluarga. Banyak UMKM juga tidak memiliki aktivitas pencatatan dan hanya mengandalkan ingatan semata. “Pencatatan manual masih diabadikan. Tentunya hal ini harus dievaluasi agar UMKM yang ada bisa memiliki keunggulan kompetitif,” tutur Dosen Sarjana Terapan Akuntansi Sektor Publik Politeknik Harapan Bersama Andri Widianto (05/06/23). 

Menurut Andri, manajemen yang adaptif dan terbuka dengan teknologi merupakan hal yang utama untuk dapat terus eksis melanjutkan bisnisnya. Sehingga dibutuhkan komitmen yang kuat dari manajemen dan alat yang mudah untuk digunakan mencatat transaksi UMKM sehingga di masa yang akan datang tidak kesulitan dalam menjalankan usahanya. 

Dalam mendukung digitalisasi UMKM, Andri berinovasi dorong pencatatan transaksi keuangan secara digital untuk UMKM Shuttlecock Lawatan Tegal. Sistem pencatatan transaksi keuangan UMKM tersebut diciptakan sebagai luaran dari kegiatan penelitian yang sudah dilakukan. 

“Dalam sistem pencatatan transaksi keuangan terdapat fitur Profil UMKM Shuttlecock Lawatan, pencatatan transaksi dan laporan laba-rugi sebagai outputnya. Sistem informasi tersebut kemudian diimplementasikan dalam kegiatan Program Inkubasi Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Jawa Tengah Kolaborasi dengan Poltek Harber sebagai Lembaga Inkubator dan Koperasi Shuttlecock Lawatan Sejahtera, yang telah berlangsung pada 25 Mei lalu,” kata Andri.

Salah satu peserta Hendri Purnomo mengungkapkan, aplikasi pencatatan transaksi yang dikenalkan oleh Poltek Harber sangat mudah dipahami bagi kami yang tidak mempunyai background akuntansi. “Ditambah lagi akun-akun yang ada didalamnya sudah disesuaikan dengan usaha kita, jadi aplikasi ini TOP”.

“Sebelumnya kami belum bisa membedakan pengelompokan akun dan dicatat dalam debit atau kredit. Akan tetapi ilmu dan pengetahuan yang telah disampaikan oleh dosen dari Poltek Harber membuat kami mengerti,” tutur Ardiyanto pelaku UMKM Shuttlecock Lawatan.

05 Juni 2023 - 17:18:01 WIB   0
Pengabidan Masyarakat   Politeknik Harapan Bersama  

Share:

Tinggalkan Komentar

Email dan No. HP tidak akan kami publikasikan

Info Penerimaan Mahasiswa