Dosen Poltek Harber: Kelola Kas dengan Mudah Melalui Si-Kas

Tim Dosen Politeknik Harapan Bersama (Poltek Harber) berkolaborasi dengan Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Jawa Tengah melatih UMKM Shuttlecock Lawatan Sejahtera Tegal terkait pengelolaan manajemen kas melalui penggunaan sistem informasi kas (Si-Kas), di Laboratorium Akuntansi Poltek Harber, pada Jumat (25/08/23). 

“Si-Kas merupakan suatu sistem pengelolaan kas yang meliputi penerimaan dan pengeluaran kas dan lebih jauh bisa memonitoring kas yang dimiliki. Sistem pengelolaan kas dapat mempermudah dalam hal pencarian data, pencatatan serta penyajian laporan kas sehingga proses pengambilan keputusan yang dilakukan oleh pemilik dapat dilakukan dengan cepat dan tepat,” kata Dosen Sarjana Terapan Akuntansi Sektor Publik (ASP) Poltek Harber, Andri Widianto.

Andri menambahkan, Sistem Informasi Kas (Si-Kas) merupakan jawaban atas kegundahan pelaku UMKM terkait dengan pengelolaan keuangan usaha yang mana biasanya bercampur dengan keuangan keluarga. Banyak UMKM juga tidak memiliki aktivitas pencatatan dan hanya mengandalkan ingatan semata. Kas sangat penting dikelola dikarenakan kas merupakan suatu aset keuangan yang paling likuid dan bisa digunakan untuk keberlangsungan suatu usaha dan memenuhi kewajiban yang dimiliki oleh UMKM. 

“Dari sisi pengguna diharapkan dapat memudahkan pengelola dalam pengelolaan data penerimaan maupun pengeluaran kas dan mempercepat penyajian laporan sehingga pekerjaan dilakukan secara efektif dan efisien,” tutur Andri.

“Si-Kas sangat mudah dipahami dan studi kasus yang disampaikan sudah sesuai dengan transaksi keseharian kami. Tidak hanya itu peserta lain menambahkan Aplikasinya sangat edukatif dan pematerinya sangat kreatif,” pungkas Taufik salah satu peserta.

Poltek Harber sebagai Lembaga Inkubator dan Koperasi Shuttlecock Lawatan Sejahtera Tegal. Pelatihan tersebut dimulai dengan mengenalkan sistem informasi dan manajemen kas kemudian dilanjutkan dengan praktik dengan cara pelaku UMKM Shuttlecock diberikan akun untuk dapat mengakses Si-Kas. Peserta dapat langsung input kasus yang sudah disediakan selanjutnya dapat melihat output berupa laporan kas masing-masing.

31 Agustus 2023 - 15:04:27 WIB   0
Pengabidan Masyarakat   Politeknik Harapan Bersama  

Share:

Tinggalkan Komentar

Email dan No. HP tidak akan kami publikasikan

Info Penerimaan Mahasiswa