Poltek Harber Bekali Mahasiswa Jadi Problem Solver

Ratusan mahasiswa semester 4 dari seluruh program studi ikuti Workshop mengenai problem solving bagi mahasiswa. Kegiatan yang diselenggarakan oleh Bagian Karir & Alumni Politeknik Harapan Bersama (Poltek Harber) diadakan di Aula Kampus Gedung C pada Rabu, (08/05/2024).

Ketua Pusat Karir dan Alumni, Imam Hasan mengungkapkan bahwa kegiatan ini merupakan program lanjutan dari seminar pengembangan diri yang pernah digelar pada semester sebelumnya. 

Gunawan Adib Achmadi, Wakil Direktur Bidang Kemahasiswaan menuturkan generasi sekarang memiliki tantangan yang lebih besar berupa kesiapan dan kekuatan mental. Generasi sekarang juga sering dicap sebagai generasi yang jauh dari mental kuat, serta minim attitude. 

"Banyaknya tantangan yang dimiliki oleh generasi Z sekarang, terutama yang terkait dengan softskill seperti attitude yang kurang, lemah mental dan sebagainya ini merupakan salah satu PR besar bagi banyak lembaga institusi. Oleh sebab itu, Poltek Harber berupaya membangun mental dan attitude teman-teman mahasiswa dengan tujuan, ketika nanti kalian lulus hal ini dapat menjadi nilai terpenting yang kalian miliki. Karena di jaman sekarang, hardskill dapat dipelajari oleh siapa saja dan dalam waktu yang cepat, tetapi attitude dan mental butuh waktu lama hingga bertahun-tahun untuk dibangun dengan baik ", tutur Adib dalam sambutannya. 

Muhammad Hidayat selaku narasumber pada kegiatan ini mengungkapkan bahwa, berpikir dengan cepat merupakan salah satu hal yang mendasar dalam menyelesaikan suatu masalah (Problem Solving). Hidayat juga menambahkan bahwa pintar yang dimaksud disini bukan hanya sekedar kecerdasan pikiran saja, namun juga kecerdasan dalam mental. 

"Dalam problem solving, kalian diharapkan mampu memiliki pemikiran yang inovatif, dapat melakukan pembelajaran secara aktif, mampu mengetahui bagaimana pemecahan suatu masalah, dapat berpikir kritis, serta memiliki pemikiran yang kreatif dan orisinil. Percayalah ketika kalian belajar hal-hal yang tadi saya sebutkan, walaupun kalian harus keras dengan diri kalian, kehidupan akan lunak dengan kalian", ungkap Hidayat dalam penyampaiannya. 

Dalam kegiatan ini, tidak hanya sekedar menyampaikan materi saja tetapi mahasiswa juga diajak untuk melakukan beberapa game yang fungsinya untuk merefresh kembali otak mereka setelah selesai melakukan ujian tengah semester (UTS).

13 Mei 2024 - 10:42:20 WIB   0
Artikel Mahasiswa   Kemahasiswaan   Politeknik Harapan Bersama  

Share:

Tinggalkan Komentar

Email dan No. HP tidak akan kami publikasikan

Info Penerimaan Mahasiswa