Dosen Poltek Harber Raih Program Peningkatan Kompetensi Kemendikbudristek


Tegal - Sembilan dosen berhasil lolos seleksi Program Non Degree Peningkatan Kompetensi Dosen Vokasi Tahun 2023 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) dengan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP), Kementerian Keuangan.

Wakil Direktur Bidang Akademik Poltek Harber, Heru Nurcahyo menyampaikan, Poltek Harber menyambut baik program pemerintah dan selalu mendorong para dosen untuk mengikuti program Non Degree peningkatan kompetensi dosen vokasi.

“Program ini mampu meningkatkan dan menambah kompetensi sesuai dengan skema yang dipilih dan dapat diaplikasikan untuk perkuliahan maupun peningkatan kapasitas dosen untuk mendorong kebermanfaatan di masyarakat dalam pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi”, tutur Heru, Senin (30/10/2023).

Tujuan program Non Degree, lanjut Heru, yaitu untuk meningkatkan kompetensi, wawasan, dan pengetahuan dosen terkait perkembangan dan dinamika industri dalam wadah ekosistem dan tata kelola perguruan tinggi vokasi. Dalam program ini terdapat empat skema program, yaitu sertifikasi kompetensi, sertifikasi profesi, pelatihan atau magang industri, dan magang di perguruan tinggi luar negeri.

Dosen Poltek Harber yang lolos mengikuti program Non Degree telah mengikuti program ini pada bulan September dan Oktober 2023, antara lain Istiqomah Dwi Andari program sertifikasi kepala laboratorium, Aryanto dan Hikmatul Maulida program sertifikasi teknisi akuntansi ahli,  Diyah Apriliani program pelatihan dan sertifikasi data science developer di Politeknik Negeri Bandung.

Kemudian Bahri Kamal, Robi Hardian, dan Inur Tivani program pelatihan dan sertifikasi digital marketing di Politeknik Negeri Bali, serta Bahrun Niam program pelatihan programmable logic control di Politeknik Negeri Malang.

Istiqomah Dwi Andari menuturkan, program tersebut dilaksanakan selama dua minggu. Dosen menerima pelatihan sesuai dengan bidang yang dipilih dan diberikan tugas mandiri selama pelatihan, serta tes sertifikasi kompetensi dan profesi.

“Kesempatan ini merupakan kesempatan emas bagi dosen untuk meningkatkan kompetensinya. Dalam program ini saya mendapat ilmu, pengalaman, serta sertifikasi kompetensi kepala laboratorium”, tutur Isti.

Sementara itu, Bahri Kamal menambahkan, beberapa materi yang didapat antara lain menggunakan media sosial dan aplikasi daring.

“Kami melaksanakan kegiatan analisis di media sosial dan media bisnis digital, mempersiapkan konten digital, mengoptimalkan pengelolaan rencana aplikasi digital, serta menciptakan pengalaman bagi pengguna media digital,” kata Bahri.

30 Oktober 2023 - 16:04:48 WIB   0
Politeknik Harapan Bersama  

Share:

Tinggalkan Komentar

Email dan No. HP tidak akan kami publikasikan

Info Penerimaan Mahasiswa