Mahasiswa Poltek Harber Go Global Lewat Magang di Jepang

Politeknik Harapan Bersama (Poltek Harber) semakin menunjukkan bukti dalam mewujudkan visi misi menjadi Politeknik Unggul,  Berjiwa Kewirausahaan, Berbasis Kearifan Lokal yang Berdaya Saing Global Tahun 2035. Hal ini ditunjukkan dari berhasilnya tiga mahasiswa program studi D-3 Teknik Mesin Poltek Harber antara lain Nur Alim, M. Fahmi Fahreza, Urip Aji Santoso yang berkesempatan magang di perusahaan otomotif ternama di Jepang, Isuzu Motors Ltd.

Ketua Program Studi D-3 Teknik Mesin, Taufik Qurohman menyampaikan ada beberapa tahapan untuk bisa magang di Jepang, yang pertama harus mengikuti proses seleksi yang berlangsung selama 1 bulan, kemudian dilanjut dengan karantina selama 4 bulan, setelah itu pelaksanaan magang selama 1 tahun.

“Selama proses seleksi dan pendidikan, 3 mahasiswa tersebut tidak di pungut biaya, karena Politeknik Harapan Bersama telah bekerjasama dengan LPK Trimitra Matahari Mandiri (TMM), apalagi mahasiswa tersebut mendapat tawaran untuk bekerja tetap disana, hal ini semoga bisa menjadi motivasi bagi adik-adik mahasiswa agar bisa mengikuti jejak 3 mahasiswa tersebut”, tutur Taufik.

Sekertaris Program Studi D-3 Teknik Mesin, Nur Aidi Ariyanto menambahkan program magang ke Jepang bisa diakses oleh semua mahasiswa Prodi D-3 Teknik Mesin dengan mengikuti seleksi, banyak manfaat yang didapat dari program magang ini, tidak hanya manfaat yg didapat ketika di Jepang, mahasiswa juga mempunyai privilage tetap dapat menyelesaikan tugas akhir meskipun sedang berada di Jepang.

“Kurikulum yang ada di Program Studi D-3 Teknik Mesin Poltek Harber dirancang agar siap bekerja di luar negeri, selain dibekali dengan kemampuan berbahasa Inggris, mahasiswa juga dibekali dengan kemampuan berbahasa Jepang”, ungkap Aidi.

Salah satu peserta magang, Nur Alim mengungkapkan pengalaman magang di Jepang merupakan pengalaman yang sangat membanggakan, karena ini merupakan impian agar bisa ke Jepang melalui jalur industri dan bekal yang telah saya dapat di perkuliahan.

“Alhamdulillah, selama satu tahun ini saya mendapat banyak pembelajaran saat magang menjadi operator di Isuzu Motors Ltd, yang lebih membahagiakan lagi adalah saat ini saya mendapat tawaran untuk dapat bekerja secara tetap di Jepang sebagai engineering”, tutur Nur Alim.

Mahasiswa magang Jepang lainnya, Fahmi Fahreza menambahkan pengalaman di Jepang ini menjadi sangat berharga untuk terus meningkatkan kedisiplinan dan kompetensi diri karena ketika magang di Jepang kita harus bisa mengikuti budaya Jepang yang sangat disiplin dan dituntut untuk selalu memberikan kualitas kerja terbaik.

21 Maret 2024 - 10:32:03 WIB   0
Politeknik Harapan Bersama   Prodi D-3 Teknik Mesin  

Share:

Tinggalkan Komentar

Email dan No. HP tidak akan kami publikasikan

Info Penerimaan Mahasiswa