Membaca Arah Pergerakan Bisnis Aromaterapi, Dosen Poltek Harber Kenalkan Peluang Usaha Pada Siswa SMK

Dosen Program Studi (Prodi) D-3 Farmasi Politeknik Harapan Bersama kenalkan peluang usaha aromaterapi pada siswa SMKS Al-Manaar Muhammadiyah Pemalang, pada Jumat (07/6/2024).

Kegiatan ini merupakan perwujudan dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM). Lewat kesempatan ini, dosen Poltek Harber ingin meningkatkan kemampuan inovasi para siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sehingga siap untuk menghadapi dunia kerja dan industri (DUDI).

Membaca arah pergerakan bisnis aromaterapi Performa industri pengolahan minyak atsiri dalam negeri didorong agar mampu berkontribusi mendongkrak perekonomian nasional. Kinerja ekspor produk minyak atsiri Indonesia pada tahun 2022 mencapai USD 172,9 juta. Adapun lima negara tujuan utama ekspor komoditas minyak atsiri Indonesia adalah Amerika Serikat, India, Prancis, Tiongkok, dan Spanyol.

Menurut Heru Nurcahyo selaku ketua kegiatan PKM ini, dirinya dan tim ingin meningkatkan pemahaman para siswa mengenai besarnya peluang bisnis aroma terapi yang dipasar.

“Lewat kegiatan ini, kami ingin para siswa mampu untuk membaca arah inovasi sediaan tersebut, dan mampu untuk berkolaborasi sehingga memberikan manfaat untuk banyak pihak. Semoga dengan adanya kegiatan ini, mampu turut serta dalam menyelaraskan antara dunia vokasi dengan dunia industri khususnya dalam pembuatan sediaan aromaterapi agar sekolah memiliki produk unggulan sebagai penciri kevokasian”, tutur Heru.

Ketua P3M Poltek Harber Aldi Budi Riyanta mengungkapkan, melalui terselenggaranya kegiatan ini, nantinya masyarakat akan lebih mengenal Poltek Harber dengan produk-produk terapan yang bermanfaat langsung di masyarakat.

Harry Nurprio selaku perwakilan guru SMKS Al-Manaar Muhammadiyah Pemalang mengucapkan terimakasih dan harapannya untuk kegiatan seperti ini dapat menjadi agenda kolaborasi yang terlaksana tiap tahunnya.

Dalam kegiatan ini, mahasiswa Prodi D-3 Farmasi Meilinda Novitasari yang merupakan salah satu narasumber yang ada ikut menjelaskan beberapa minyak atsiri yang sangat bermanfaat untuk kesehatan dan dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan manfaatnya secara ekonomi.

10 Juni 2024 - 13:08:50 WIB   0
Penelitian Dosen   Pengabidan Masyarakat   Politeknik Harapan Bersama   Prodi D-3 Farmasi  

Share:

Tinggalkan Komentar

Email dan No. HP tidak akan kami publikasikan

Info Penerimaan Mahasiswa