Perpustakaan Poltek Harber Gencarkan Tradisi Literasi Mahasiswa

Unit Perguruan Tinggi (UPT) Perpustakaan & Penerbitan Politeknik Harapan Bersama (Poltek Harber) mengadakan kegiatan webinar dengan tema “Memperkuat Tradisi Literasi Sebagai Bekal Mahasiswa Memasuki Dunia Kerja dan Masyarakat Abad 21” pada Selasa, (25/07/23). 

Wakil Direktur Bidang Kemahasiswaan Poltek Harber Gunawan Adib Achmadi menuturkan, bahwa ada beberapa hal yang perlu disampaikan bahwa perpustakaan itu sebenarnya bukan semata tempat penyedia buku. Perpustakaan memiliki satu spirit besar yaitu tradisi literasi. 

“Buku hanyalah sarana, spirit literasi atau spirit kegemaran untuk belajar merupakan yang utama. Tanpa itu perpustakaan menjadi tidak relevan. Kenapa perpustakaan tidak diminati karena tradisi literasi kita rendah,” kata Adib.

Literasi adalah kebutuhan, literasi adalah nyawa pendidikan. Jika tradisi literasi tidak tumbuh, saat anda berbicara dan pada saat wawancara maka nanti akan terbaca tingkatan literasinya. 

“Momentum ini sangat penting, nanti bisa belajar bersama dengan narasumber. Kami berharap, semoga kali ini menjadi momentum kebangkitan literasi, kebangkitan tradisi membaca dan tradisi berpikir kritis,” ujar Adib.

Dosen UIN Salatiga Dr. Wiji Suwarno menjelaskan, literasi informasi mencakup kemampuan untuk memahami bagaimana informasi dihasilkan, diproses, dan disebarkan, serta kemampuan untuk mengidentifikasi informasi yang akurat, relevan, dan dapat dipercaya. Tugas kita adalah mencari referensi sebanyak-banyaknya.

“Chat GPT bukan rujukan pokok, tapi dia bisa membantu mencarikan rujukan pokok. Jadikan Chat GPT sebagai alat, bukan sebagai tujuan. Dari fenomena AI yang menjadi tren sekarang adalah mahasiswa kurang memiliki kegiatan untuk update pengetahuan atau membaca dan belum tahu cara memaksimalkan potensi dirinya,” jelas Wiji.

Menurut Kepala UPT. Perpustakaan & Penerbitan Poltek Harber, M. Abdul Rohim, seiring dengan besarnya perkembangan zaman di abad ke-21 ini, keberadaan literasi memiliki suatu yang sangat penting dalam membantu mahasiswa menghadapi tantangan yang semakin kompleks. 

“Literasi menjadi bagian tak terpisahkan dari kampus kita. Melalui kegiatan ini, berharap mahasiswa semakin terinspirasi dalam menulis, membaca, dan memahami dunia disekitar kita,”  kata Rohim.

27 Juli 2023 - 10:07:00 WIB   0
Perpustakaan   Politeknik Harapan Bersama  

Share:

Tinggalkan Komentar

Email dan No. HP tidak akan kami publikasikan

Info Penerimaan Mahasiswa