Poltek Harber Jadi Tuan Rumah Seminar Hari Aids Sedunia 2023

TEGAL - Dinas Kesehatan Kota Tegal berkolaborasi bekerja sama dengan Politeknik Harapan Bersama (Poltek Harber) serta gabungan organisasi profesi kesehatan di Kota Tegal selenggarakan kegiatan seminar dalam rangka peringatan Hari Aids Sedunia (HAS) dan Hari Kesehatan Nasional (HKN) Ke-59 di Aula Gedung C Poltek Harber pada Senin, (27/11/23).

Plt. Kepala Dinkes Kota Tegal dr. Sri Retno Hendrawati menjelaskan, pada periode Januari - Oktober tahun 2023 di Kota Tegal ditemukan kasus baru HIV/AIDS dengan total 106 kasus.

“Salah satu kelompok risiko yang banyak ditemukan kasusnya adalah laki-laki seks laki-laki (LSL). Kelainan orientasi seks ini diperoleh akibat dari salah pergaulan yang rerata dimulai di usia sekolah, mulai dari usia SMA sampai perguruan tinggi,” kata Retno.

Retno menambahkan, sosialisasi ditujukan kepada para mahasiswa generasi penerus bangsa kita paham dan dapat menjauhi perilaku-perilaku berisiko lainnya yang dapat menimbulkan penularan penyakit HIV/AIDS.

“Mahasiswa harus menjaga diri dalam pergaulan agar tidak sampai terinfeksi HIV/AIDS. Karena kalian semua adalah harapan keluarga, harapan bangsa dan negara. Maka jadilah generasi muda yang sehat dan bermanfaat,” tutur Retno.

Wakil Direktur Bidang Akademik Poltek Harber, Heru Nurcahyo menyampaikan Politeknik Harapan Bersama sebagai perguruan tinggi, terlebih di dalamnya ada program studi kesehatan seperti farmasi, kebidanan, dan keperawatan ingin ikut andil dalam pencegahan dan penanganan HIV/AIDS.

“Rata-rata usia penderita HIV/AIDS adalah usia produktif, dan mahasiswa termasuk di usia produktif. Jadi sangat penting mahasiswa mengetahui informasi terkait HIV/AIDS, agar bisa mencegah dan menyebarluaskan informasi kepada sesama mahasiswa. Sehingga di tahun 2030 Indonesia terbebas dari HIV/AIDS,” kata Heru.

Ketua Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Kota Tegal, Joko Purwanto menyampaikan terima kasih karena Poltek Harber telah memfasilitasi berjalannya kegiatan seminar. 


Joko menuturkan, tujuan seminar kali ini diharapkan dapat menyebarluaskan informasi penularan AIDS agar masyarakat meningkatkan kesadaran penularan HIV/AIDS terhadap keluarganya sendiri dan kelompok rentan.



29 November 2023 - 10:10:21 WIB   0
Politeknik Harapan Bersama  

Share:

Tinggalkan Komentar

Email dan No. HP tidak akan kami publikasikan

Info Penerimaan Mahasiswa