Poltek Harber Siapkan Karier Mahasiswa Sejak Dini

Tegal - Program Studi (Prodi) D-3 Akuntansi Politeknik Harapan Bersama (Poltek Harber) mengadakan kegiatan ‘Seminar Edukasi Keuangan dan Soft Skill’ dilaksanakan pada Jumat, (24/11/23) .

Kegiatan seminar tersebut mengundang dua narasumber konsultan profesional di bidang transformasi budaya, strategi manajemen, corporate governance serta pengembangan sumber daya manusia.

Ketua Prodi D-3 Akuntansi Poltek Harber Yeni Priatna Sari menyampaikan, kegiatan seminar ini merupakan bekal mahasiswa untuk meniti karier di masa depan. 

“Setelah kuliah, para lulusan akan menghadapi dunia kerja yang tidak hanya membutuhkan hard skill tetapi juga soft skill. Soft skill akan memegang peranan penting di era teknologi yang semakin berkembang pesat,” kata Yeni.

“Mempersiapkan soft skill dan pengetahuan tentang karier di masa depan tidak bisa dimulai ketika menjelang lulus. Mahasiswa yang masih menempuh perkuliahan bisa mengasah soft skill secara bertahap hingga kelak dapat menjadi ahli ketika mahasiswa lulus", ujar Yeni.

Konsultan dan trainer profesional Evi Sofiati menjelaskan bahwa mahasiswa harus memiliki tujuan dan arah karier. 

“Setelah mahasiswa mengetahui kariernya mau kemana dan ingin menjadi apa. Mahasiswa harus mempersiapkan dan mempelajari keahlian yang dibutuhkan, minimal dari semester tiga,” kata Evi.

“Keahlian profesi harus dikuasai sejak awal menjadi mahasiswa. Hal tersebut menjadi cikal bakal yang nantinya akan menentukan minat bidang kerja para lulusan”, tambahnya.

Praktisi pengembangan sumber daya manusia (SDM) Bayu Fiantoro menyampaikan mengenai kode etik sebagai soft skill yang harus dimiliki dan ditanam dalam diri mahasiswa.

“Penerapan tatanan etika penting dipraktikkan dalam kehidupan sehari-hari dan nanti saat di dunia kerja,” kata Bayu.

24 November 2023 - 14:07:30 WIB   0
Politeknik Harapan Bersama  

Share:

Tinggalkan Komentar

Email dan No. HP tidak akan kami publikasikan

Info Penerimaan Mahasiswa