Terbaru! Poltek Harber Jadi Politeknik Swasta Terbaik Versi Webometrics 2024

Politeknik Harapan Bersama (Poltek Harber) berdasarkan lembaga pemeringkatan perguruan tinggi Webometrics berada di peringkat pertama Politeknik Swasta terbaik di Indonesia tahun 2024, selain itu Poltek Harber menjadi satu-satunya Politeknik Swasta yang masuk 10 besar politeknik terbaik negeri dan swasta se-Indonesia versi Webometrics tahun 2024.

Webometrics baru saja merilis daftar pemeringkatan kampusi di tahun 2024 ini. Di tahun 2024 ini sebanyak 3.567 kampus di Indonesia masuk dalam pemeringkatan Webometrics. Dari daftar tersebut terdapat 10 Politeknik terbaik dibawah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) yang memiliki ranking tertinggi di Indonesia.

Pihak Poltek Harber pun angkat bicara terkait peringkatnya menjadi yang pertama diantara Politeknik Swasta di Indonesia.

Direktur Poltek Harber, Agung Hendarto mengatakan metode pemeringkatan yang dikembangkan Webometrics menjadi bahan penting untuk mengkaji seberapa berdampak kehadiran Politeknik Harapan Bersama di Indonesia.

“Berada di peringkat pertama ini tidak lepas dari kerja keras semua sivitas akademika serta dukungan dan bimbingan pengurus Yayasan Pendidikan Harapan Bersama, kepada masyarakat yang sudah percaya ke Poltek Harber, Pemerintah Daerah, dan mitra kerja baik pemerintah maupun swasta yang telah mendukung pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi di Poltek Harber”, katanya saat dikonfirmasi, Senin (6/5/2024).

Agung menambahkan keberhasilan ini semoga menjadi vitamin bagi kita semua supaya lebih meningkatkan kinerja, sehingga mampu meraih prestasi lebih banyak lagi. Harapan kami prestasi ini semakin meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap Poltek Harber. Dari pada kuliah di luar kota, di Tegal saat ini tersedia kampus yg berkualitas dan bereputasi internasional yaitu Poltek Harber.

Ginanjar Wiro Sasmito, Wakil Direktur Bidang Humas dan Kerjasama menuturkan pemeringkatan Webometrics ini merupakan pemeringkatan kampus yang kredibel dan dapat dipakai sebagai acuan. Kami berharap  masyarakat Indonesia khususnya Jawa Tengah bisa menilai dan tidak meragukan posisi Poltek Harber yang memang terus berkomitmen untuk meningkatkan kualitas dan kapasitas dalam mengembangkan pendidikan vokasi, dengan mencetak lulusan yang kompeten agar mampu bersaing di kancah global.

Sebagai informasi, Webometrics melakukan pemeringkatan dengan tiga indikator penilaian yaitu visibility, openness, dan excellence. Bobot masing-masing dari indikator tersebut adalah 50%, 10%, dan 40%.

Indikator Visibility menilai web content impact, yaitu dampak dari informasi yang dipublikasikan pada website perguruan tinggi. Openness menilai jumlah sitasi, menggunakan data yang bersumber dari Google Scholar Profiles, sedangkan Excellence menilai banyaknya karya tulis yang disitasi, menggunakan data yang bersumber dari Scimago.

Adapun peringkat 10 politeknik terbaik di Indonesia saat ini yaitu Politeknik Elektronika Negeri Surabaya, Politeknik Pertanian Negeri Kupang, Politeknik Negeri Lhokseumawe, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya, Politeknik Negeri Tanah Laut, Politeknik Negeri Banjarmasin, Politeknik Negeri Batam, Politeknik Negeri Manado, Politeknik Harapan Bersama, dan Politeknik Negeri Malang.

08 Mei 2024 - 11:09:08 WIB   0
Politeknik Harapan Bersama  

Share:

Tinggalkan Komentar

Email dan No. HP tidak akan kami publikasikan

Info Penerimaan Mahasiswa