Tingkatkan Kompetensi Pelaku UMKM, Poltek Harber Edukasi Aplikasi Akuntansi Persediaan

Dosen Program Studi (Prodi) D-3 Akuntansi Politeknik Harapan Bersama (Poltek Harber) adakan pelatihan Aplikasi Akuntansi Persediaan sebagai bentuk peningkatan kompetensi dari pelaku UMKM, pada Selasa (21/5/2024).

Kegiatan yang diikuti oleh 18 UMKM binaan Prodi D-3 Akuntansi merupakan program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang diketuai oleh Hikmatul Maulidah. 

Dalam pelatihan ini, peserta melaksanakan pre test untuk mengukur pengetahuan awal terkait dengan Akuntansi Persediaan. Setelah pre test dilaksanakan, peserta diberikan materi tentang pentingnya pencatatan persediaan menggunakan aplikasi, dan dilanjutkan dengan praktik penggunaan aplikasi Akuntansi Persediaan. Di akhir agenda, peserta melaksanakan post test untuk mengetahui peningkatan pengetahuan terkait Akuntansi Persediaan.

Hikmatul selaku ketua PKM menjelaskan bahwa, pencatatan persediaan menggunakan bantuan aplikasi dapat mengurangi adanya peluang terjadi kesalahan dalam pencatatan persediaan.

“UMKM dapat dengan mudah mengetahui secara pasti jumlah barang yang tersisa di gudang dan dapat menghasilkan informasi yang akurat dalam pengambilan keputusan bisnis melalui aplikasi tersebut”, jelas Hikmatul.

Ida Farida selaku pemateri kegiatan ini mengharapkan lewat kegiatan ini dapat meningkatkan kemampuan UMKM binaan dalam menggunakan aplikasi Akuntansi Persediaan.

“Persediaan merupakan salah satu aset penting bagi UMKM terlebih apabila memiliki ragam jenis dan dengan tingkat perputaran tinggi. Sehingga kegiatan ini akan sangat bermanfaat bagi UMKM dalam menjalankan usahanya”, tambah Ida.

06 Juni 2024 - 10:44:00 WIB   0
Pengabidan Masyarakat   Politeknik Harapan Bersama   Prodi D-3 Akuntansi  

Share:

Tinggalkan Komentar

Email dan No. HP tidak akan kami publikasikan

Info Penerimaan Mahasiswa