250 Mahasiwa Farmasi PHB Ikuti KKL Online




D-3 Program Studi (Prodi) Farmasi Politeknik Harapan Bersama (PHB) membuka agenda kegiatan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) online melalui aplikasi Zoom meeting, pada Rabu, (21/07/2021).

“Di masa pandemi mahasiswa dimohon menjadi potensial, mempunyai kreativitas untuk selalu belajar, dan mengikuti pelatihan secara online,” kata Wakil Direktur 1 PHB apt. Heru Nurcahyo, S.Farm, M.Sc dalam sambutannya yang dihadiri oleh 250 mahasiswa Prodi Farmasi PHB. Heru menuturkan KKL online sebagai ruang tumbuh mahasiswa di masa pandemi. Ia berharap materi yang disampaikan para pemateri dapat memberikan inspirasi kepada mahasiswa Prodi Farmasi PHB. 


Apoteker PT. Phapros Bagus Giant Hendra P memberikan materi tentang peran tenaga teknis kefarmasian (TTK) pada Industri Farmasi. “Management Supply Chain Industri Farmasi, memproduksi produk obat dan produk jadi. Terdapat perijinan dari BPOM sebelum produk terjual, BPOM menjadi wadah untuk perizinan maupun pengawasan penindakan pelanggaran,” terang Bagus.

“Sebelum obat akan dijual, terdapat proses pengawasan mutu. Ada Quality Control dan Assurance (QC dan QA) yang akan mengecek kadar obat, ketebalan tablet, warna obat, waktu hancur sesuai dengan yang dipersyaratkan atau tidak, kekerasan, bobotnya, dll. Sesuai atau tidak, jika belum sesuai maka obat belum bisa kita jual ke market dan akan dilakukan investigasi kenapa sampai tidak memenuhi syarat,” kata Bagus. 

Kepala Produksi PT Sanbe Farma Achmad Fitriyanto S.Farm menuturkan terdapat resiko yang harus diketahui oleh industri farmasi yaitu  memiliki limbah yang mau tidak mau harus dikeluarkan ke lingkungan. “Terdapat limbah padat, limbah udara, limbah cair dan limbah suara.  Syarat-syarat yang harus dipenuhi oleh industri farmasi agar tidak boleh mencemari lingkungan sekitar harus sesuai dengan peraturan lingkungan hidup,” kata Achmad. 

“Limbah padat harus dimusnahkan agar tidak disalahgunakan, limbah cair harus dinetralkan sebelum disalurkan ke lingkungan, limbah suara diatur agar kedap, dll,” kata Achmad.

Ketua KKL online Aldi Budi Riyanta menuturkan pemateri di hari kedua pada Kamis, (22/07/2021) disampaikan oleh BPMPT Kementerian Pertanian Dian Fatikha Aristiami, S.Si. M.T. dan BPTBA LIPI Yogyakarta Anjar Windarsih, M.Pharm.Sci.


“Kegiatan KKL online ini adalah implementasi untuk tetap memberikan capaian pembelajaran mahasiswa farmasi. Dengan mengundang stakeholder dari industri dan peneliti profesional di bidang farmasi, lulusan mahasiswa farmasi akan memiliki bekal pengetahuan dan gambaran tentang dunia kerja”, kata Aldi.(Humas PHB/Gendra. Foto : Panitia)

22 Juli 2021 - 14:04:45 WIB   0
Politeknik Harapan Bersama   Prodi D-3 Farmasi  

Share:

Tinggalkan Komentar

Email dan No. HP tidak akan kami publikasikan

Info Penerimaan Mahasiswa