37 Lulusan Prodi Kebidanan Poltek Harber Angkat Sumpah dan Janji

TEGAL – Sebanyak 37 Lulusan Program Studi (Prodi) D-3 Kebidanan Politeknik Harapan Bersama (Poltek Harber) telah melangsungkan sumpah dan janji bidan di Aula Gedung C Poltek Harber, pada Jumat, (20/10/23).

Wakil Direktur Bidang Akademik Poltek Harber, Dr. Heru Nurcahyo, menuturkan, sebelumnya lulusan Prodi D–3 Kebidanan Poltek Harber telah diwisuda pada awal pekan bulan Oktober. 

“Kini telah bersumpah dan berjanji bahwa mereka akan mengabdikan ilmu dan profesinya sesuai dengan peraturan dan ketentuan yang berlaku sebagai Bidan Indonesia,” ujar Heru.

“Interpersonal diperlukan untuk berkolaborasi dengan berbagai profesi terutama di profesi kesehatan. Hal tersebut bertujuan untuk memberikan pelayanan prima kepada para pasien mengenai informasi-informasi kesehatan,” tambahnya.

Ketua Pengurus Cabang Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Kota Tegal, Taryuli, menyampaikan selamat dan sukses kepada 37 peserta bidan telah resmi dilantik. 

“Bidan harus siap memberikan ketenangan untuk ibu melahirkan. Bidan harus memperhatikan  kode etik bidan dan wajib memiliki Surat Tanda Registrasi (STR) dan Surat Izin Praktek Bidan (SIPB). 

“STR dan SPIB sangat memengaruhi baik untuk langkah karir bidan maupun tempat bidan bekerja nantinya,” kata Taryuli.

Sementara, Perwakilan Dinkes Kota Tegal dari Bidang SDMK, Endang Sri Ningsih  berpesan, seorang bidan jangan menyebut bekerja ketika belum memiliki STR dan SIPB.

“Jika belum memiliki STR dan SIPB, Anda bisa menyebutnya belajar bekerja. Karena hal tersebut akan memengaruhi pada pencabutan klinik praktik bekerja dan akreditasi di mana tempat Anda bekerja," pungkasnya.

Ketua Prodi D-3 Kebidanan Poltek Harber, Seventina Nurul Hidayah menuturkan, pengambilan sumpah dan janji bidan bukan akhir dari segalanya tetapi merupakan awal dari perjuangan.

“Ini adalah awal menuju ke dunia kerja, awal menjadi tenaga kesehatan sebagai Bidan Indonesia. Perhatikan kode etik bidan. Sukseskan program-program kesehatan pemerintah dan jaga selalu nama baik Politeknik Harapan Bersama, ujar Seventina.

20 Oktober 2023 - 16:13:03 WIB   0
Politeknik Harapan Bersama   Prodi D-3 Kebidanan  

Share:

Tinggalkan Komentar

Email dan No. HP tidak akan kami publikasikan

Info Penerimaan Mahasiswa