52 Perawat Muda Poltek Harber Diangkat Sumpah dan Janji

Mahasiswa Program Studi (Prodi) D-3 Keperawatan Politeknik Harapan Bersama (Poltek Harber) menjalani proses angkat sumpah dan janji mahasiswa pada kegiatan Capping Day Keperawatan Poltek Harber yang dilaksanakan di Aula Gedung C, pada Selasa (15/08/2023).

    Wakil Direktur Bidang Akademik Poltek Harber Heru Nurcahyo menuturkan, rasa syukurnya bahwa para perawat muda Poltek Harber sudah siap melaksanakan praktik klinis. Mahasiswa keperawatan Poltek Harber terjun untuk mengaplikasikan keilmuannya menuju empat Rumah Sakit, antara lain RSUD Brebes, RSUD Bumiayu, RSUD Suradadi, dan RSUD Bendan Pekalongan.

Heru berharap selama kegiatan praktik, fokus dengan adanya penambahan ilmu serta kompetensi. Dalam rangka pelaksanaan praktik, mohon untuk dimaksimalkan terkait tentang IPC (interprofessional collaboration). 

“Mohon untuk meningkatkan kompetensinya, untuk meningkatkan interprofesionalnya. Silakan untuk membawa nama baik Poltek Harber ke kancah dunia kesehatan. Dengan kompetensi yang saat ini sudah dimiliki selama satu tahun di perkuliahan, pastinya akan lebih mudah dalam pengaplikasiannya. Semoga pelaksanaan kegiatan selama praktik klinis berjalan dengan baik dan lancar,” tutur Heru. 

 Ketua DPD PPNI Kota Tegal Joko Purwanto menjelaskan, Capping Day ini terinspirasi dari seorang yang namanya Florence Nightingale, dia lahir di Firenze Italia. Tanggal kelahirannya dipakai sebagai hari perawat internasional. Dia seorang yang sangat tulus dan sangat pemberani. 

“Pada perang Krimea, di semenanjung KrimeaRusia, dulu terkenal dengan sebutan bidadari yang memakai lampu badai, dia keliling kontrol ke semua korban perang dengan setulus hati. Semangat Florence terus mengalir ke jiwa perawat di seluruh dunia,” kata Joko.

“Jangan kaget di lahan praktik akan ada pertentangan antara konsep dan kenyataan, antara teori dan praktik. Di situ akan dituntut kreativitas dengan alat yang terbatas. Inovasinya akan muncul di situ. Jadi perawat yang cerdas itu jam terbang praktik dan kompetensinya diasah,” tutur Joko.

Sementara itu, Ketua Prodi D-3 Keperawatan Ardhi Henda Karmandika menjelaskan, Prodi D-3 Keperawatan Ardhi telah melepas 52 perawat muda untuk menjalankan praktik klinis untuk pertama kalinya.

“Saya mengharapkan bahwa langkah ini akan menghantarkan saudara menuju kesuksesan berikutnya. Marilah kita menanamkan nilai sumpah yang baru saja diucapkan, momentum ini harusnya menjadi semangat. Mahasiswa yang telah diangkat dan disumpah janjinya, harapannya dapat memiliki hati yang tulus dalam menolong pasien,” terang Ardhi.

21 Agustus 2023 - 16:52:03 WIB   0
Politeknik Harapan Bersama   Prodi D-3 Keperawatan  

Share:

Tinggalkan Komentar

Email dan No. HP tidak akan kami publikasikan

Info Penerimaan Mahasiswa