BAN-PT Lakukan Asesmen Akreditasi Prodi Akuntansi Sektor Publik Poltek Harber

Program Studi (Prodi) D-4 Akuntansi Sektor Publik (ASP), Politeknik Harapan Bersama (Poltek Harber) melaksanakan asesmen akreditasi selama 2 hari secara luring di Kampus Poltek Harber, pada Rabu-Kamis (03-04/08/23).

Direktur Poltek Harber, Agung Hendarto menjelaskan sekilas tentang sejarah Poltek Harber yang berdiri di tahun 2002. 

“Prodi ASP di Karesidenan Pekalongan hanya ada di Poltek harber. Kami ingin mengisi di bidang keuangan sektor publik, terutama untuk Pemerintah Kota maupun Daerah serta lembaga non profit. Penganggaran BUMDES menjadi salah satu area yang pengawasannya masih kurang. Prodi ASP bisa mendukung program pemerintah terutama dalam hal penganggaran dan pengelolaan keuangan di tiap daerah,” kata Agung.

Asesor Prof. Dr. Efrizal Syofyan, S.E., M.Si, Ak, sekaligus Dosen Akuntansi Universitas Negeri Padang menuturkan, saat ini diberi tugas oleh BAN-PT untuk melakukan asesmen, penilaian terhadap dokumen dari akreditasi Prodi ASP Poltek Harber. 

“Semoga kegiatan akreditasi berjalan lancar, dan kami diberikan kemudahan dalam mengerjakan. Akhir dari kerjaan kami yaitu berita acara. Baca baik-baik apa yang menurut Ibu dan Bapak kurang baik, baca dengan baik dokumen, narasi, dll. Apabila data kurang pas dan kurang cocok maka perlihatkan dan bilang kepada kami. Keputusan untuk peringkat akreditasi ada di Dewan Eksekutif (DE) BAN-PT. Kami hanya diberi amanah untuk melihat, menganalisis, dan melaporkan. Kami di sini untuk menilai prodi, maka stakeholdernya adalah tendik, dosen dan mahasiswa yang bersama-sama menjelaskan dokumennya  kepada kami terkait informasinya, terang Efrizal.

Sementara itu, Dra. Ani Sri Murwani Kumara Kapti, M.M., Ak. Dosen Akuntansi Akademi Akuntansi YPN menjelaskan tujuan asesmen lapangan yaitu untuk memotret kondisi yang sesungguhnya tentang Prodi ASP di Poltek Harber dengan cara mempelajari dokumen yang dikirimkan ke BAN-PT. 

“Kita akan menggunakan 9 standar penilaian. Keputusan terakhir bukan pada kita (asesor) namun tergantung DE BAN-PT setelah meninjau berita acara yang telah kita sepakati bersama. Apabila ada berita acara mohon dicermati bersama. Apa yang sekiranya tidak pas di berita acara tersebut tolong disampaikan kepada kami,” tambahnya.

15 Agustus 2023 - 10:38:41 WIB   0
Politeknik Harapan Bersama   Prodi D-4 Akuntansi Sektor Publik  

Share:

Tinggalkan Komentar

Email dan No. HP tidak akan kami publikasikan

Info Penerimaan Mahasiswa