Bikin Cemilan dari Tulang Ikan, Mahasiswa Poltek Harber Sabet Juara Krenova

Mahasiswa Program Studi (Prodi) D-3 Farmasi Politeknik Harapan Bersama (Poltek Harber) Kota Tegal berhasil meraih juara 3 pada lomba Kreativitas dan Inovasi Masyarakat (Krenova) Kota Tegal tahun 2023 yang diselenggarakan oleh Bappeda Kota Tegal, di Pendopo Ki Gede Sebayu Balai Kota Tegal, Kamis (08/06/2023).

Mutiara Nur Suci Febrianti, Hanum Salsabila Utami, Nisfi Lailatul Khasanah meraih juara di ajang bergengsi tingkat kota yang memiliki dua kategori peserta, yaitu masyarakat umum dan pelajar. 

“Peserta yang mengirimkan proposal semula ada 82 peserta, baik tingkat masyarakat umum maupun pelajar. Setelah proses seleksi, sejumlah 41 peserta yang dinyatakan lolos ke tahap penilaian produk. Saat ini ada 12 pemenang lomba Krenova. Terdiri dari 3 juara utama masyarakat umum, 3 juara utama pelajar, 3 juara harapan masyarakat umum, dan 3 juara harapan pelajar,” kata Kepala Bappeda Kota Tegal, Resti Dirjo Prihanto.

Mahasiswa Poltek Harber membuat karya yang berjudul “Pemanfaatan Tulang Ikan Kurisi (Nemipteris Nemathoporus) sebagai Sumber Kalsium dalam Pembuatan Snack Crackers pada Anak-Anak”. 

“Ikan kurisi (Nemipteris nemathoporus) adalah jenis ikan yang banyak ditangkap di wilayah pelabuhan kota Tegal dan menjadi komoditas utama industri fillet,” ujar Mutiara.

Dosen D-3 Farmasi Purgiyanti selaku pembimbing mahasiswa  menuturkan, limbah tulang ikan umumnya dimanfaatkan karena kandungan kalsium yang ada di dalamnya. Kalsium memiliki peran yang sangat penting pada tubuh terutama pada perkembangan anak-anak. 

“Salah satu pemanfaatan limbah tulang ikan kurisi ini karena kandungan kalsium yang tinggi. Sehingga dibuatlah tepung tulang ikan yang diaplikasikan dengan pembuatan snack crackers. Crackers dipilih karena cemilan ini banyak disukai oleh anak-anak sehingga bisa dijadikan cemilan sehari-hari untuk mendapatkan kalsium pendukung,” kata Purgiyanti.

09 Juni 2023 - 13:38:14 WIB   0
Politeknik Harapan Bersama   Prodi D-3 Farmasi  

Share:

Tinggalkan Komentar

Email dan No. HP tidak akan kami publikasikan

Info Penerimaan Mahasiswa