Dinkop UKM Jateng Gandeng Prodi Akuntansi Poltek Harber Beri Bimtek Manajemen Koperasi

Program Studi (Prodi) D-3 Akuntansi Politeknik Harapan Bersama (Poltek Harber) Kota Tegal menjadi narasumber pada kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Peningkatan Teknik Pengolahan Manajemen Produksi bagi Koperasi yang diselenggarakan di Plaza Hotel Tegal, pada Kamis (15/06/23).

Kegiatan ini merupakan bagian dari kerja sama dengan Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Jawa Tengah untuk pembentukan inkubator bisnis pada industri shuttlecock di daerah Lawatan Kabupaten Tegal.

 Ketua Prodi D-3 Akuntansi Poltek Harber, Yeni Priatna Sari menjelaskan, koperasi sebagai gerakan ekonomi rakyat memiliki peran yang besar dalam upaya meningkatkan taraf perekonomian rakyat. Sebagai upaya untuk mewujudkan peningkatan perekonomian rakyat dapat dimulai dengan melakukan tata kelola keuangan yang transparan dan akuntabel.

“Pengelolaan keuangan koperasi yang transparan dan akuntabel sesuai dengan Permenkop No 12 tahun 2015 tentang Pedoman Umum Akuntansi Koperasi Sektor Riil,” kata Yeni.

Yeni menambahkan, berawal dari pengelolaan keuangan yang bertanggung jawab diharapkan kepercayaan anggota koperasi terhadap berjalannya kelangsungan hidup koperasi dapat terus meningkat. Selain itu juga diharapkan koperasi dapat melindungi usaha pembuatan shuttlecock dari kenaikan harga bahan baku yang sering kali tidak terkontrol serta dapat membantu mendampingi pengembangan bisnisnya.

“Kegiatan pendampingan yang merupakan kolaborasi dari dinas dan juga kampus vokasi ini diharapkan dapat berkelanjutan. Tidak hanya melalui masa RAT saja akan tetapi sekaligus dapat mendampingi hingga koperasi dan para pengusaha shuttlecock dapat mengembangkan bisnisnya menjadi lebih baik lagi,” kata Yeni.

Sementara itu, Ardi selaku peserta Bimtek, menyampaikan bahwa melalui pelatihan laporan keuangan koperasi jadi kami tahu tentang akuntabilitas dan transparansi terhadap anggota yang diwujudkan melalui laporan keuangan koperasi. “Karena intinya koperasi ada yaitu dari anggota dan untuk anggota,” kata Ardi.

26 Juni 2023 - 10:45:21 WIB   0
Politeknik Harapan Bersama   Prodi D-3 Akuntansi  

Share:

Tinggalkan Komentar

Email dan No. HP tidak akan kami publikasikan

Info Penerimaan Mahasiswa