Dosen Perhotelan Poltek Harber Berikan Bimtek Pelayanan Prima Disdukcapil Kota Tegal

Dosen Program Studi (Prodi) D-3 Perhotelan, Politeknik Harapan Bersama (Poltek Harber) diundang sebagai narasumber untuk memberikan Bimbingan Teknis Pelayanan Prima di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tegal, pada, (03/08/23). 

Puput Dewi Anggraeni menyampaikan materi tentang grooming dan etika dalam melayani masyarakat, serta pelayanan prima (excellent service).

“Pelayanan prima yang harus dimiliki oleh staf pelayanan harus memenuhi aspek 3A, yaitu attitude, attention dan action, bagaimana bersikap dalam melayani masyarakat/pemohon, memberikan perhatian kepada pemohon dan menindaklanjuti keinginan dari pemohon. Ketiga hal tersebut harus selalu dilakukan untuk menghasilkan kinerja yang baik. Salah satu contoh cara bersikap yaitu dengan berpenampilan serasi, maksudnya disini apakah kita sebagai pelayanan sudah sesuai atau belum dengan standar grooming yang ada pada Disdukcapil Kota Tegal,” ujar Ketua Prodi D-3 Perhotelan Poltek Harber tersebut.

Puput berpesan jangan lupa selalu memberikan kesan yang baik dalam melayani pemohon, apalagi jika sudah selesai harus segera mengucapkan terima kasih sebelum pulang. 

“Selalu menerapkan lima S yaitu senyum, salam, sapa, sopan dan santun sehingga pemohon yang datang langsung merasa takjub dan diperhatikan dengan saksama oleh kita,” kata Puput.

Dosen pengampu mata kuliah etika perhotelan Prodi D-3 Perhotelan Poltek Harber, Wiyanti menambahkan, grooming dan etika sangat penting sebelum memulai pekerjaan. Langkah awal yang harus diperhatikan dalam grooming dan etika adalah personal grooming terlebih dahulu, yaitu penampilan diri, keserasian, dan tata rias.

 “Karena grooming memiliki tujuan citra perusahaan/lembaga, meningkatkan kualitas dan mutu pelayanan perusahaan, mencerminkan kepribadian yang baik, memberikan kesan positif dari pelanggan, cantik dari hati nurani yang tulus, ikhlas (inner beauty), untuk mengetahui pemakaian tata rias yang profesional sesuai dengan bidangnya,” kata Wiyanti.

“Prinsip yang perlu diperhatikan dalam grooming adalah dari atas rambut hingga ujung kaki, yaitu sikap/pembawaan, ekspresi wajah dan bahasa tubuh, kebersihan badan dan tangan, tata busana dan rias, tata rambut, name tag, perhiasan dan jam tangan serta alas kaki. Grooming harus sudah dimiliki oleh seluruh staf pelayanan yang ada karena merupakan garda terdepan dalam menghadapi masyarakat atau lebih dikenalnya dengan sebutan pemohon,” tambah Wiyanti.

21 Agustus 2023 - 11:28:00 WIB   0
Politeknik Harapan Bersama   Prodi D-3 Perhotelan  

Share:

Tinggalkan Komentar

Email dan No. HP tidak akan kami publikasikan

Info Penerimaan Mahasiswa