Dosen Perhotelan Poltek Harber Perkuat Tata Kelola Desa Wisata

Dosen Program Studi (Prodi) D-3 Perhotelan Politeknik Harapan Bersama (Poltek Harber) berikan bimbingan teknik (bimtek) “Penguatan Tata Kelola Desa Wisata dan Kampung Tematik”, di Khas Hotel Tegal, pada Kamis (20/07/23).

Wakil Ketua Komisi X DPR RI H. Abdul Fikri Faqih menuturkan, penguatan tata kelola desa wisata dan kampung tematik ini lebih mementingkan alam yang lestari.

“Harapannya, dengan kegiatan bimtek ini bisa berguna untuk para pelaku usaha untuk mengembangkan usahanya. Sehingga tercapai kemajuan ekonomi kreatif,” kata Fikri.

Kegiatan ini dihadiri oleh sebagian masyarakat Kota Tegal, yaitu perwakilan dari masing-masing dusun/desa seperti Margadana, Randugunting, Martoloyo, Tegal Sari, Maribaya dan lain sebagainya. Di mana sebagian besar masyarakatnya adalah penggiat UMKM, di sini warga tersebut yang hadir diberikan bimtek tentang penguatan tata kelola desa wisata dan kampung tematik. 

Puput Dewi Anggraeni menjelaskan, langkah awal yang harus dilakukan oleh masyarakat Kota Tegal yang ingin menjadikan dusun/desanya sebagai desa wisata adalah paling tidak warga setempat sudah mengetahui pengertian dari desa wisata itu sendiri. 

“Di mana desa wisata adalah kawasan yang memiliki potensi dan keunikan daya tarik wisata yang khas yaitu merasakan pengalaman keunikan kehidupan dan tradisi masyarakat di pedesaan dengan segala potensinya. Setelah itu mereka mengerti kriteria dari desa wisata seperti memiliki potensi daya tarik wisata, memiliki komunitas masyarakat, memiliki potensi sumber daya manusia lokal yang dapat terlibat dalam aktivitas pengembangan desa wisata dan lain sebagainya,” tutur Puput yang juga menjabat sebagai Ketua Prodi D-3 Perhotelan Poltek Harber.

Puput menambahkan, kegiatan ini sangat berguna dan bermanfaat sekali bagi warga Kota Tegal. Karena di sini peserta yang hadir akan mendapatkan banyak ilmu, pengalaman, dan pemikiran yang terbuka tentang pariwisata, sehingga menjadikan warga Kota Tegal sadar wisata dan dapat mendirikan sebuah desa wisata yang mempunyai keunikan sendiri. 

“Di sini yang saya tekankan adalah jangan ada plagiat antar desa wisata. Antar desa dengan desa yang lain harus saling terintegrasi karena kolaborasi antar desa lebih baik daripada bersaing,” ujar Puput.

Bimbingan teknis ini adalah bentuk kerja sama antara kementerian pariwisata dan ekonomi kreatif/badan pariwisata dan ekonomi kreatif Republik Indonesia dengan Wakil Ketua Komisi X DPR RI serta dengan Dinas Kepemudaan dan Olahraga dan Pariwisata Kota Tegal.

31 Agustus 2023 - 13:45:23 WIB   0
Politeknik Harapan Bersama   Prodi D-3 Perhotelan  

Share:

Tinggalkan Komentar

Email dan No. HP tidak akan kami publikasikan

Info Penerimaan Mahasiswa