Dosen Poltek Harber Adakan Pelatihan Akuntansi untuk Guru SMK

Dosen Program studi (Prodi) D-3 Akuntansi Politeknik Harapan Bersama (Poltek Harber) beri pelatihan spreadsheet dan komputer pada Guru SMK Brebes, Tegal, Slawi dan Pemalang (Bregaslang) dan juga SMK N 1 Bantul Yogyakarta di Poltek Harber pada Rabu & Kamis (06-07/12/23).

Pelatihan ini merupakan salah satu bentuk kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM). Selain pemberian materi dalam kegiatan pelatihan ini peserta juga melakukan praktik langsung menggunakan spreadsheet dan komputer akuntansi menggunakan aplikasi Mind Your Own Business (MYOB).

Ketua tim PKM, Dewi Kartika mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk menyiapkan para peserta nantinya untuk mengikuti uji sertifikasi kompetensi klaster operator aplikasi akuntansi yang terdiri dari mengoperasikan paket program angka/spreadsheet dan mengoperasikan aplikasi komputer akuntansi. 

“Saat ini penggunaan spreadsheet merupakan tuntutan persyaratan kompetensi operator aplikasi akuntansi yang berbasis komputer. Sedangkan komputer akuntansi menggunakan aplikasi MYOB untuk memastikan dan memelihara kompetensi para teknisi akuntansi dalam memproses entri jurnal, buku besar, menyusun laporan keuangan berbasis SAK ETAP dengan program komputer pada perusahaan di seluruh wilayah Indonesia dan luar indonesia”, kata Dewi.

Dewi berharap dengan adanya pelatihan seperti ini dapat menjalin kemitraan antara Poltek Harber dan SMK dari wilayah Bregaslang maupun SMK N 1 Bantul Yogyakarta.

Imam Hasan mengungkapkan, dalam mempersiapkan uji sertifikasi aplikasi komputer akuntansi, pihaknya menggunakan aplikasi MYOB pada klaster operator aplikasi akuntansi berbasis komputer. 

“Hal tersebut terdiri dari setup awal perusahaan, entri bukti transaksi dan menyajikan laporan keuangan berbasis SAK ETAP, serta laporan keuangan bisa disajikan menggunakan PDF file,” kata Imam.

“Dalam mempersiapkan uji sertifikasi komputer dan paket program pengolah angka yaitu spreadsheet. Pelatihan tersebut terdiri dari mengentri data , mengolah data dengan menggunakan fungsi-fungsi program pengolah angka, hingga membuat laporan dalam bentuk tabel dan grafik”, tambah Aryanto.

07 Januari 2024 - 08:50:42 WIB   0
Politeknik Harapan Bersama   Prodi D-3 Akuntansi  

Share:

Tinggalkan Komentar

Email dan No. HP tidak akan kami publikasikan

Info Penerimaan Mahasiswa