Dosen Poltek Harber Beri Edukasi Penerapan IoT

Tim Dosen Program Studi (Prodi) D-3 Komputer, Politeknik Harapan Bersama (Poltek Harber), mengadakan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dengan tema “Pengenalan Penerapan IoT pada Pencatatan kWh Meter Sistem Semi Digital” di SMK Dinamika Kota Tegal, pada Rabu (26/07/23).

PKM ini diikuti oleh 21 siswa jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik. PKM dilaksanakan dalam bentuk seminar dan demonstrasi alat hasil penelitian berupa penerapan IoT pada pencatatan kWh meter semi digital untuk monitoring penggunaan daya listrik pada kWh meter pascabayar. 

“Tujuan diadakannya PKM ini adalah sebagai sebagai wujud pengamalan Tri Dharma Perguruan Tinggi bagi Dosen. Selanjutnya, memperkenalkan implementasi IoT pada penerapan pemantauan kWh meter semi digital. Kemudian memberikan pengetahuan teknik pembacaan impulse pada kWh meter semi digital untuk dikonversi kedalam data di internet,” kata Arfan Haqiqi Sulasmoro selaku Dosen Prodi D-3 Teknik Komputer sekaligus Ketua PKM.

Arfan menambahkan, pemantaun kWh meter dapat dilakukan melalui website sehingga untuk mengetahui berapa daya yang sudah digunakan tidak harus datang/melihat langsung pada kWh meter semi digitalnya. Dalam PKM ini siswa dapat belajar dan meningkatkan kompetensi siswa untuk kelistrikan terutama monitoring kWh meter listrik pasca bayar yang jumlahnya masih banyak di masyarakat. 

“Alat kWh meter semi digital yang sudah diberikan sensor LDR untuk membaca sinyal berupa impulse pada kWh meter semi digital ini merupakan hasil penelitian dari Dosen Prodi D-3 Teknik Komputer Poltek Harber,” ujar Arfan.

“Dengan pengenalan penerapan IoT pada pemantauan kWh meter semi digital menjadi penting bagi siswa karena tuntutan perkembangan zaman dan perkembangan teknologi saat ini di mana sudah memasuki revolusi industri 4.0 sehingga integrasi alat dan perangkat lunak menjadi suatu keniscayaan dan dapat meningkatkan kinerja,” tambahnya.

PKM kali ini diketuai oleh Arfan Haqiqi Sulasmoro., M.Kom, dengan beranggotakan Miftakhul Huda., M.Kom, Yerry Febrian Sabanise, M.Kom, Mohammad Humam, M.Kom, dan M. Diaz Alfarino Febrian, serta Tio Putra Jaykusuma.

“Untuk kelanjutan PKM di SMK Dinamika Kota Tegal dapat berupa hasil-hasil dari penelitian atau yang lain yang dapat menambah wawasan dan kompetensi siswa,” kata Waka Kurikulum SMK Dinamika Kota Tegal, Agus Eko Purwanto.

31 Agustus 2023 - 13:53:28 WIB   0
Pengabidan Masyarakat   Politeknik Harapan Bersama   Prodi D-3 Teknik Komputer  

Share:

Tinggalkan Komentar

Email dan No. HP tidak akan kami publikasikan

Info Penerimaan Mahasiswa