Dosen Poltek Harber Beri Pelatihan Aplikasi Tes Psikologi untuk Konseling Siswa



Dosen Program Studi (Prodi) Teknik Informatika Politeknik Harapan Bersama (Poltek Harber) manfaatkan aplikasi Tes Psikologi guna memudahkan konselor dalam mengetahui kepribadian, minat & bakat siswa SMK PGRI Kota Tegal, Senin (11/12/23).

Kegiatan yang dilakukan dalam bentuk pengabdian kepada masyarakat (PKM) ini berfokus pada kegiatan presentasi, pelatihan, serta pendampingan terhadap siswa dan juga konselor yaitu guru kelas atau guru bimbingan dan konseling (BK).

Menurut M. Nishom, seorang guru harus memiliki kompetensi yang cukup di berbagai aspek. Tujuannya agar dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawab dengan baik. 

“Dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran, seorang guru tidak cukup hanya menggunakan pendekatan instruksional melainkan diperlukan pendekatan pribadi. Sehingga guru dapat lebih mengenal dan memahami siswa dalam keseluruhan proses belajarnya”, ujar Nishom.

Kegiatan ini diikuti oleh 55 peserta yang terdiri dari siswa, pihak guru kelas, dan juga guru BK di SMK PGRI Kota Tegal.

“Peran guru sebagai konselor harus dioptimalkan karena sangat dibutuhkan dalam memberikan bimbingan kepada siswa, sehingga mampu mengetahui aspek apa saja yang dapat menumbuhkan motivasi dalam proses belajarnya”, ungkap Nishom.

Kegiatan ini dilakukan oleh M. Nishom selaku ketua tim PKM, serta Taufiq Abidin dan juga Dega Surono selaku dosen. Pengabdian masyarakat ini juga dibantu oleh mahasiswa prodi Teknik Informatika yaitu Putri Ajeng Imamah, Bima Arya Fatah dan Ivander Josh Santoso.

“Kegiatan ini diharapkan mampu memudahkan konselor atau guru untuk mengetahui lebih detail tentang kepribadian, minat, dan bakat siswa serta kesesuaian jurusan dan karir siswa melalui penggunaan  aplikasi tes psikologi,” pungkas Taufiq.

13 Desember 2023 - 17:41:21 WIB   0
Pengabidan Masyarakat   Politeknik Harapan Bersama   Prodi D-4 Teknik Informatika  

Share:

Tinggalkan Komentar

Email dan No. HP tidak akan kami publikasikan

Info Penerimaan Mahasiswa