Dosen Poltek Harber Dampingi Pengolah Ikan Lokal Menembus Pasar Global

    Tim Dosen Politeknik Harapan Bersama (Poltek Harber) mengadakan pengabdian kepada masyarakat (PKM) dengan melakukan pendampingan pengolah ikan laut standar ekspor di Kelurahan Muarareja RT 4 RW 2 Kota Tegal. 

Dalam upaya untuk meningkatkan kemampuan para pengolah ikan laut lokal, dosen Poltek Harber telah memberikan pendampingan teknis dan pelatihan kepada para pelaku usaha di sektor perikanan. 

“Kegiatan dimulai dengan penjelasan potensi pasar ekspor perikanan dan tantangannya, di mana salah satu faktor penolakan ekspor ikan adalah karena cemaran bakteri. Penggunaan teknologi pulsed electric field dapat mereduksi kandungan bakteri tanpa merusak kandungan protein. Di mana hasil laboratorium menunjukkan hasil yang lolos SNI,” kata Dosen Prodi D-3 Teknik Elektronika Poltek Harber, Qirom pada Selasa (19/09/23).

Qirom menambahkan, pihaknya berusaha untuk membantu para pengolah ikan lokal agar dapat mengikuti standar internasional dalam pengolahan ikan laut. Dengan demikian, produk-produk mereka akan lebih mudah diterima di pasar internasional, membuka peluang ekspor yang lebih besar.

Dosen Prodi D-3 Farmasi Poltek Harber, Sari Prabandari menuturkan, melalui kolaborasi antara Poltek Harber dan para pelaku usaha lokal, diharapkan bahwa sektor perikanan Tegal dapat terus berkembang dan bersaing di pasar global. 

“Keberhasilan ini tidak hanya akan mendukung pertumbuhan ekonomi daerah, tetapi juga akan memperkuat reputasi ikan laut Indonesia di mata dunia,” tutur Sari.

Ketua Kelompok Pengolah Ikan Mina Rizqi, Sartinah mengatakan, pihaknya sangat berterima kasih atas dukungan dan pendampingan dari dosen-dosen Poltek Harber. Dengan bantuan mereka, kami dapat meningkatkan kualitas produk dan membuka peluang baru di pasar internasional.

Kegiatan sosialisasi dan penggunaan pulsed electric field dilakukan pada tanggal 25 dan 26 Agustus 2023. Dilanjutkan dengan kegiatan pendampingan pengurusan COA & CPPOB pada 4 hingga 9 September 2023. Kegiatan diikuti sekitar 20 peserta dari Kelompok Pengolah dan Pemasar Ikan Mina Rizqi Kelurahan Muarareja Kota Tegal. 

Dalam kegiatan sosialisasi tersebut, Qirom selaku Ketua PKM bersama dengan Arry Darmawan, serta Sari Prabandari berencana untuk terus melanjutkan program pendampingan dan berharap dapat melibatkan lebih banyak pelaku usaha dalam upaya meningkatkan standar pengolahan ikan laut ekspor di masa depan.

19 September 2023 - 10:13:37 WIB   0
Pengabidan Masyarakat   Prodi D-3 Teknik Elektronika  

Share:

Tinggalkan Komentar

Email dan No. HP tidak akan kami publikasikan

Info Penerimaan Mahasiswa