Dosen Poltek Harber Kenalkan Penerapan IoT pada Pencatatan kWh Meter Sistem Semi Digital

Dosen program studi D-3 Teknik Komputer kenalkan penerapan IoT pada Pencatatan kWh meter dengan menggunakan sistem semi digital pada siswa SMK Muhammadiyah 1 Kota Tegal, Rabu (17/01/24).

Kegiatan ini merupakan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang rutin dilakukan oleh para dosen Poltek Harber. PKM dilaksanakan dalam bentuk seminar dan demonstrasi alat hasil rekayasa berupa penerapan aplikasi pemrograman berbasis GUI Outseal Studio pada Arduino Nano sebagai pengendali berbasis PLC.

Ketua program PKM, Miftakhul Huda menyampaikan kegiatan ini merupakan wujud pengamalan Tri Dharma Perguruan Tinggi bagi dosen, selain itu dengan adanya kegiatan ini diharapkan mampu mengenalkan pemrograman berbasis GUI Outseal Studio pada Arduino Nano sebagai pengendali berbasis PLC pada siswa sekolah.

“Prodi Komputer berusaha memberikan pengetahuan PLC berbasis mikrokontroler yang telah dibuat di Indonesia oleh anak bangsa yaitu PLC outseal dimana pada saat ini telah ada dua varian yang berbeda yaitu PLC outseal Nano dan PLC Outseal Mega,” tambah Miftakhul.

Kepala Program Studi Teknik Listrik SMK Muhammadiyah 1 Kota Tegal, Indah Kurniati menuturkan pihaknya berharap kegiatan seperti ini dapat terus berlanjut untuk semester selanjutnya.

“Semoga setelah adanya workshop bagi para siswa kita, Poltek Harber dan SMK 1 Muhammadiyah Kota Tegal dapat mengadakan workshop atau seminar secara keberlanjutan yang diperuntukkan untuk guru-guru dan laboran, sehingga mampu memberikan wawasan dan kompetensi guru serta laboran lebih luas lagi,” ungkap Indah.


17 Januari 2024 - 17:50:39 WIB   0
Penelitian Dosen   Pengabidan Masyarakat   Politeknik Harapan Bersama   Prodi D-3 Teknik Komputer  

Share:

Tinggalkan Komentar

Email dan No. HP tidak akan kami publikasikan

Info Penerimaan Mahasiswa