Dosen Poltek Harber Soroti Tata Kelola Pariwisata Kota Tegal

TEGAL - Dosen Program Studi (Prodi) D-3 Perhotelan Politeknik Harapan Bersama (Poltek Harber), Puput Dewi Anggraeni, berikan bimbingan teknis (bimtek) tata kelola destinasi pariwisata pada para penggiat UMKM Kota Tegal, di Khas Hotel Tegal, pada Kamis, (11/09/23).

Bimtek ini adalah kolaborasi antara DPR RI Komisi X dengan Direktorat Tata Kelola Destinasi Deputi Bidang Pengembangan Destinasi Infrastruktur Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) serta Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Tegal.

Puput Dewi Anggraeni menjelaskan, untuk mengelola destinasi pariwisata di kota Tegal setidaknya masyarakat harus mengetahui terlebih dahulu apakah arti daya tarik wisata, destinasi dan jenis-jenis pariwisata. 

“Aspek penawaran dan permintaan pariwisata juga harus kita ketahui antara lain untuk aspek penawaran pariwisata seperti daya tarik, aksesibilitas, fasilitas, dan layanan tambahan. Kemudian aspek permintaan pariwisata seperti harga, pendapatan, sosial budaya, sosial politik dan intensitas keluarga”, tutur Puput.

Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Dr. H. Abdul Fikri Faqih menyampaikan, bimtek ini ditujukan untuk kebutuhan sumber daya manusia di berbagai sektor. 

“Tata kelola destinasi pariwisata perlu kita lihat keunikannya. Keunikan ini perlu kita explorasi. Harus mengumpulkan SDM yang difasilitasi supaya bisa mendirikan pariwisata contohnya seperti urban tourism,” kata Fikri. 

“Kita bisa tampilkan suasana kota Tegal lebih menarik melalui kolaborasi dengan akademisi, pebisnis atau industri, pemerintah pariwisata, dan komunitas,” ujar Fikri.

Perwakilan dari Direktorat Tata Kelola Destinasi Deputi Bidang Pengembangan Destinasi Infrastruktur Kemenparekraf, Mulyanto menambahkan, kegiatan pariwisata ada juga kuliner, untuk meningkatkan Pariwisata di Kota Tegal butuh tata Kelola destinasi pariwisata karena pengelolaan destinasi. 

“Output kegiatan ini pemerintah daerah memberikan motivasi stimulus pengembangan pariwisata kelanjutan, guna meningkatkan pengembangan ekonomi kreatif di kota Tegal,” jelas Mulyanto.

Sementara itu, Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga dan Pariwisata Dr. Drs. Irkar Yuswan Apendi, memberikan penghargaan setinggi-tingginya kepada Kemenparekraf dan DPR RI terhadap pengembangan pariwisata daerah Bregaslang (Brebes, Tegal dan Pemalang). 

“Bimtek ini diadakan karena pariwisata menjadi tulang punggung perekonomian daerah Bregas. Makna strategis dalam upaya percepatan ekonomi kreatif ada 3G yaitu Gercep, Geber dan Gaspol,” kata Irkar.

10 Oktober 2023 - 10:34:06 WIB   0
Politeknik Harapan Bersama   Prodi D-3 Perhotelan  

Share:

Tinggalkan Komentar

Email dan No. HP tidak akan kami publikasikan

Info Penerimaan Mahasiswa