Dosen Poltek Harber Tingkatkan Kompetensi Guru dengan Aplikasi Akuntansi

Tim Dosen Program Studi (Prodi) D-3 Akuntansi Politeknik Harapan Bersama (Poltek Harber) mengadakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) & Peningkatan Kompetensi Guru Akuntansi Menggunakan Aplikasi Accurate Education Book Versi 5 di Wilayah Bregas (Brebes, Tegal & Slawi) yang bertempat di Lab.Komputer Poltek Harber pada Jumat, (28/07/23). 

Kegiatan PKM dilakukan terhadap para guru SMK dari wilayah Brebes, Tegal, Slawi (Bregas) berupa pemberian materi tentang peningkatan kompetensi guru menggunakan aplikasi Accurate Education Book Versi 5. Aplikasi tersebut merupakan aplikasi komputer akuntansi buatan putra putri Indonesia, user friendly dan mengikuti perkembangan Standar Akuntansi Keuangan (SAK) yang berlaku di Indonesia.

“Di era teknologi yang berkembang pesat sekarang ini seorang akuntan wajib belajar tentang digitalisasi dalam pembuatan laporan keuangan. Oleh karena itu kami memberikan wawasan para guru terkait sistem informasi akuntansi yang diaplikasikan menggunakan aplikasi komputer akuntansi Accurate Education Book Versi 5. Aplikasi tersebut bisa menghasilkan laporan keuangan dengan cepat dan akurat,” kata Kaprodi D-3 Akuntansi Poltek Harber, Dr. Yeni Priatna Sari.

Yeni menyebutkan, tujuan PKM ini adalah untuk memberikan edukasi secara langsung kepada para Guru Akuntansi dari wilayah Bregas menggunakan aplikasi komputer akuntansi accurate education book versi 5. 

“Fokus PKM ini kepada para Guru, karena Guru menjadi faktor penting dalam meningkatkan kualitas tenaga kerja yang dihasilkan sekolah menengah kejuruan (SMK),” tambah Yeni.

“Manfaat PKM ini memberikan pemahaman cara menyajikan laporan keuangan dengan cepat dan akurat serta dapat meningkatkan kompetensi guru akuntansi khususnya di Wilayah Bregas, serta terjalin kemitraan antara Politeknik Harapan Bersama dan SMK di Wilayah Brebes, Tegal & Slawi,” kata Dewi Kartika.

Dewi menambahkan, pengenalan aplikasi komputer akuntansi accurate education book versi 5 diberikan untuk mempermudah penggunanya dalam proses pembukuan, dengan menggunakan aplikasi ini dapat mempercepat proses pembukuan dan keandalan datanya akurat serta outputnya laporan keuangan lebih cepat dihasilkan. 

“PKM kali ini lebih fokus pada Certified Accurate Data Entry (CADE) yaitu praktik komputer akuntansi menggunakan software accurate untuk tingkat basic meliputi set up database dan input transaksi, dan saat ini sudah lebih 300.000 UMKM yang menggunakan aplikasi tersebut,” terang Aryanto, SE, M.Ak.

Dalam kegiatan PKM ini peserta juga melakukan praktik langsung menggunakan aplikasi komputer akuntansi Accurate Education Book Versi 5 di Laboratorium Komputer Poltek Harber untuk setup awal perusahaan serta menginput bukti transaksi.

21 Agustus 2023 - 16:50:46 WIB   0
Pengabidan Masyarakat   Politeknik Harapan Bersama   Prodi D-3 Akuntansi  

Share:

Tinggalkan Komentar

Email dan No. HP tidak akan kami publikasikan

Info Penerimaan Mahasiswa