Dosen Prodi DKV Poltek Harber Jadi Narasumber Craft Animfest 2023

Dosen Program Studi D-3 Desain Komunikasi Visual (DKV) Politeknik Harapan Bersama (Poltek Harber) Robby Hardian mengungkapkan animasi mempunyai ruang lingkup yang luas di berbagai sektor. Animasi dapat menjadi wahana edukasi, simulasi, hingga hiburan. Hal ini Ia sampaikan saat menjadi narasumber acara festival animasi Craft International Animation Festival (Craft Animfest) IV tahun 2023 pada Jumat, 27 Oktober 2023, di Malang Creative Centre, Malang.

Robby mengangkat tema "Animasi Bukan Sekadar Film" sebagai upaya membangun perspektif masyarakat Indonesia terkait animasi yang dimaknai sebatas kartun saja.

“Animasi tidak terbatas pada insan yang suka gambar. Karena animasi adalah padat karya, penuh kolaborasi dan bukan standalone project. Animasi membutuhkan lintas disiplin ilmu untuk membuat sebuah produk animasi yang berkualitas. Animasi membutuhkan skill fotografi, psikologi, desain grafis dan musik,” ujar Robby.

Sementara itu, Ketua Prodi D-3 DKV Poltek Harber Ahmad Ramdhani menuturkan, pembelajaran DKV semakin dinamis oleh karena itu tuntutan dosen semakin berkembang pula. Dosen perlu berinisiatif tidak hanya terpaku dalam kegiatan kampus, tetapi di luar kampus salah satunya dengan bergabung dengan komunitas, asosiasi, maupun menjadi narasumber.

Hal tersebut, lanjut Ahmad, bisa memperluas jaringan dan mengembangkan prodi khususnya pada pendidikan vokasi yang nantinya bisa bekerja sama dgn industri. selain itu juga memberi rekognisi keahlian dosen.

“Terkait dengan dosen kami yang menjadi narasumber dalam event animasi internasional tentu membawa semangat yang positif bagi Prodi DKV untuk terus berjejaring dan sharing knowledge dengan skala yang lebih luas,” kata Ahmad.

“Kami berharap bidang animasi di Poltek Harber akan semakin mendapatkan perhatian dari masyarakat nasional maupun internasiona,” tambahnya.

Craft Animfest digelar pada 23-28 Oktober 2023 di Malang Creative Center, Kota Malang, Jawa Timur. Acara tersebut merupakan ajang pertemuan kreatif dan pertukaran pengalaman antara kreator nasional dan internasional dan penonton festival. 

“Terdapat 237 film animasi dari seluruh Asia Tenggara diseleksi dalam festival ini. Dan, selama enam hari akan ditayangkan 92 film dan berasal dari 38 negara,” ujar Robby.

03 November 2023 - 14:30:02 WIB   0
Politeknik Harapan Bersama   Prodi D-3 Desain Komunikasi Visual  

Share:

Tinggalkan Komentar

Email dan No. HP tidak akan kami publikasikan

Info Penerimaan Mahasiswa