Dosen Prodi Komputer Poltek Harber Sosialisasi Hidroponik Berbasis IoT

Tim Dosen Program Studi (Prodi) D-3 Teknik Komputer Politeknik Harapan Bersama (Poltek Harber) mengadakan pengabdian kepada masyarakat (PKM) dengan mensosialisasikan pemanfaatan hidroponik berbasis Internet of Things (IoT) untuk lahan sempit bagi Ibu-Ibu PKK di Kecamatan Talang pada (25-26/08/2023).

Pemanfaatan Hidroponik berbasis IoT untuk lahan sempit bagi Ibu-Ibu PKK di Kecamatan Talang menjadi pilihan PKM Prodi D-3 Teknik Komputer untuk semester genap 2023.

Ketua Prodi D-3 Komputer Ida Afriliana menuturkan bahwa Prodi D-3 Teknik Komputer merupakan salah satu Prodi di Poltek Harber yang memiliki visi menjadi Program Studi unggul di bidang hardware dan penerapan Internet of Things (IoT) berbasis kearifan lokal dan berdaya saing global di tahun 2035. 

“Untuk mencapai visi inilah pengabdian kepada masyarakat ini mengusung judul pemanfaatan hidroponik berbasis IoT untuk lahan sempit bagi Ibu-Ibu PKK di Kecamatan Talang,” kata Ida.

Camat Talang Dra. Sumiyati, M.M menyampaikan bahwa sangat senang dengan adanya pengabdian kepada masyarakat ini apalagi tema yang diangkat dalam PKM ini adalah sektor pertanian yang sesuai dengan kelompok kerja III. PKM dihadiri oleh 43 kader dari 19 Kelurahan, sedangkan Tim PKM terdiri dari 3 dosen dan 2 mahasiswa.

“Kami memilih tema ini karena sesuai dengan program yang dimiliki oleh Kecamatan. Sebelumnya beberapa kelurahan sudah pernah mendapatkan pelatihan dan menerapkan hidroponik ini. Akan tetapi saat ini pemanfaatan hidroponik atau aquaponik tersebut sudah tidak aktif lagi,” kata Ketua PKM Ahmad Maulana.

“Harapannya ada keberlanjutan dari acara ini yakni menuju ke arah desa yang menjadi proyek percontohan untuk petani hidroponik ini,” ujar Dra. Sumiyati, M.M.

22 Agustus 2023 - 14:59:34 WIB   0
Pengabidan Masyarakat   Politeknik Harapan Bersama   Prodi D-3 Teknik Komputer  

Share:

Tinggalkan Komentar

Email dan No. HP tidak akan kami publikasikan

Info Penerimaan Mahasiswa