Guru Akuntansi Dilatih Prodi Akuntansi Poltek Harber Dokumen Dana Kas

Dosen Program Studi (Prodi) D-3 Akuntansi Politeknik Harapan Bersama (Poltek Harber) adakan kegiatan peningkatan kompetensi pengelolaan dokumen dana kas pada guru akuntansi sebagai upaya persiapan uji kompetensi teknisi akuntansi, di kampus Poltek Harber pada Kamis, (04/01/24).

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dan  diikuti oleh peserta guru SMK di wilayah Brebes, Tegal, Slawi, dan Pemalang (Bregaslang) serta  Komunitas Akuntan Muda dari Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) Komisariat Tegal. 

Ketua Prodi D-3 Akuntansi Poltek Harber Yeni Priatna menuturkan, pelatihan ini bertujuan untuk membantu guru mempersiapkan diri menghadapi uji kompetensi teknisi akuntansi. 

“Saat ini guru dituntut untuk memiliki sertifikat kompetensi yang diterbitkan oleh BNSP sebagai bukti penguasaan kompetensi di bidang akuntansi. Pengisi materi pada kegiatan ini adalah dosen yang telah memiliki sertifikat kompetensi teknisi akuntansi sehingga mampu memberikan gambaran tentang pelaksanaan uji kompetensi teknisi akuntansi,” tambah Yeni.

Dalam pelatihan ini, lanjut Yeni, peserta akan diberikan pemaparan materi terkait akuntansi dan selanjutnya peserta akan melaksanakan latihan soal-soal yang kemungkinan akan diujikan dalam uji kompetensi tersebut.

Ketua PKM, Aryanto mengatakan, sertifikasi kompetensi bagi guru saat ini menjadi suatu kewajiban. Namun, saat ini masih banyak guru SMK jurusan akuntansi yang belum memiliki sertifikat kompetensi di bidang teknisi akuntansi. 

“Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru di bidang teknisi akuntansi guna persiapan dalam mengikuti uji kompetensi teknisi akuntansi. Materi yg disampaikan mengenai uji klaster pengelolaan dokumen dana kas yang terdiri dari materi dana kas di bank dan dana kas kecil,” jelas Aryanto.

Hikmatul Maulidah menambahkan, melalui kegiatan ini kita akan berbagi ilmu juga menjalin silaturahmi antara perguruan tinggi dengan insan vokasi dari SMK di wilayah Bregaslang. 

“Materi yang disampaikan sudah baik dan sesuai dengan SKKNI Teknisi Akuntansi. Narasumber juga mampu menjelaskan dengan baik,” ujar guru SMK N 1 Petarukan, Pemalang, Heriyanto.

09 Januari 2024 - 17:10:33 WIB   0
Pengabidan Masyarakat   Politeknik Harapan Bersama   Prodi D-3 Akuntansi  

Share:

Tinggalkan Komentar

Email dan No. HP tidak akan kami publikasikan

Info Penerimaan Mahasiswa