Mahasiswa ASP Poltek Harber Dampingi BUMDesa Kepunduhan Catat Transaksi Digital

Mahasiswa Program Studi (Prodi) Sarjana Terapan Akuntansi Sektor Publik (ASP) Politeknik Harapan Bersama (Poltek Harber) melakukan project based learning di Aula Balai Desa Kepunduhan, pada Senin (29/05/23).

Kepala Desa Kepunduhan,Yudha Kurniawan, mengatakan dengan adanya tugas project based learning mahasiswa akan tahu siklus dunia kerja yang sesungguhnya. Mahasiswa berhadapan dengan angka-angka yang nyata dan dituntut dapat mengelola dan mempertanggungjawabkan laporan keuangan desa kepada negara. 

“Hal tersebut sangat penting sebagai bentuk pembelajaran dan pengalaman bagi mahasiswa, sehingga akan sebanding dengan teori dan praktik langsung dalam suatu instansi maupun organisasi lain,” ujar Yudha.

Selain itu, kegiatan ini sangat bermanfaat bagi BUMDesa Kepunduhan untuk saling memeriksa ulang dan dapat mengetahui kesalahan apa saja dalam proses pencatatan, pengarsipan maupun atas kelengkapan bukti transaksi,” tambahnya.

Ketua BUMDesa Kepunduhan Dwi Aji Latif Harmoko menyampaikan, dengan adanya bantuan dari mahasiswa Prodi Sarjana Terapan ASP, mempermudah Pengurus BUMDesa Kepunduhan dalam proses penginputan data melalui website. “Transaksi digital yang diajarkan oleh mahasiswa sangat mudah untuk digunakan, diperbaiki dan data dapat tersimpan secara otomatis.”

Menurut dosen Prodi Sarjana Terapan ASP Poltek Harber, Mohammad Alfian,  hasil riset dan kesimpulan atas diskusi yang dilakukan dengan mahasiswa Prodi ASP terdapat beberapa kesalahan-kesalahan yang ditemui diantaranya yaitu penerimaan angsuran yang belum tercatat, pinjaman yang melebihi batas ketentuan tidak ada tambahan jaminan, tidak ada penggandaan bukti atas terjadinya dari berbagai transaksi, serta terdapat kekeliruan dan kesalahan dalam mencatat transaksi pada buku besar.

 “Kami berharap BUMDesa Kepunduhan selalu menerapkan sistem digital dalam melakukan berbagai aktivitas maupun proses mencatat, agar dapat mempermudah dalam menyusun laporan keuangan secara terkomputerisasi dengan baik, cepat dan praktis tanpa harus mencatat kembali pada buku besar,” kata Alfian.

Yudha menambahkan, pihaknya merasa senang atas kedatangan dari beberapa mahasiswa dan dosen Prodi Sarjana Terapan ASP yang telah membantu kinerja BUMDesa Kepunduhan untuk saling evaluasi bersama dan dapat mengetahui kesalahan apa saja yang harus diperbaiki. 

“Kehadiran Prodi ASP Poltek Harber menambah wawasan bagi kami semua untuk lebih teliti dalam memahami dan menganalisa jenis transaksi yang akan dicatat hingga penyusunan laporan keuangan secara digital,” tutur Yudha.

06 Juni 2023 - 15:38:30 WIB   0
Politeknik Harapan Bersama   Prodi D-4 Akuntansi Sektor Publik  

Share:

Tinggalkan Komentar

Email dan No. HP tidak akan kami publikasikan

Info Penerimaan Mahasiswa