Mahasiswa ASP Poltek Harber Dampingi Pelaporan Keuangan SMK Muhamna

Mahasiswa Program Studi (Prodi) Sarjana Terapan Akuntansi Sektor Publik (ASP) Politeknik Harapan Bersama (Poltek Harber) melakukan pendampingan pelaporan keuangan pada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Muhammadiyah Adiwerna (Muhamna) dalam pelaksanaan Project Based Learning (PBL). Kegiatan ini dilakukan selama satu semester sejak Maret lalu hingga kini (19/06/23).

Bendahara SMK Muhamna Nur Azizah menuturkan, laporan keuangan dapat menentukan berjalan tidaknya sebuah sekolah. Laporan keuangan berguna untuk mengontrol dan merekap pengeluaran.

“Kalau tidak ada laporan keuangan kita tidak dapat mengatur pengeluaran keuangan. Asal keluar anggaran tapi tidak ada rekapannya itu yang bahaya, uangnya habis untuk apa saja tidak tahu” jelas Azizah.

Ketua Prodi Sarjana Terapan ASP Poltek Harber Mohammad Alfian menjelaskan, penerapan Laporan Keuangan pada entitas nirlaba sangatlah penting sebagai bentuk pertanggungjawaban atas pengelolaan keuangan yang terjadi. “Salah satu entitas nirlaba yaitu sekolah yang menjadikan laporan keuangan untuk mengatur pemasukan dan pengeluaran yang dilakukan.” 

Dalam pengamatan yang dilakukan mahasiswa, lanjut Alfian, laporan keuangan SMK Muhamna masih ditemukan beberapa kekurangan dalam penyusunannya. Laporan keuangan yang ada di SMK Muhamna belum dibuat berdasarkan standar pelaporan keuangan organisasi nirlaba yang mengacu pada Interpretasi Standar Akuntansi Keuangan (ISAK) 35.

“Dengan melihat kondisi yang ada, beberapa mahasiswa akan melakukan pemberian saran dan perbaikan mengenai laporan keuangan yang nantinya dapat diterapkan oleh Bendahara Sekolah SMK Muhamna,” ujar Alfian.

19 Juni 2023 - 16:27:48 WIB   0
Politeknik Harapan Bersama   Prodi D-4 Akuntansi Sektor Publik  

Share:

Tinggalkan Komentar

Email dan No. HP tidak akan kami publikasikan

Info Penerimaan Mahasiswa