Mahasiswa ASP Poltek Harber Dampingi Perancangan Sistem Informasi Keuangan SDTQ Brebes

Mahasiswa Program Studi (Prodi) Sarjana Terapan Akuntansi Sektor Publik (ASP) Politeknik Harapan Bersama (Poltek Harber) memberi paparan draf sistem informasi keuangan dan pengendalian internal untuk Yayasan Al-Ikhlas Brebes, di ruang kelas SDTQ Yayasan Al-Ikhlas Brebes, pada Rabu (14/06/23).

Yayasan Al-Ikhlas Brebes merupakan yayasan yang bergerak di bidang pendidikan agama Islam dengan jenjang pendidikan dari TK hingga SLTP dan Pondok Pesantren.

Ketua Prodi Sarjana Terapan ASP Poltek Harber Mohammad Alfian menjelaskan program pendampingan yang dilakukan oleh mahasiswa merupakan salah satu sarana bagi program studi untuk mengukur tingkat pemahaman mahasiswa mengenai materi yang disampaikan di kelas. “Penerapan laporan keuangan pada entitas nirlaba sangat penting, sebagai bentuk pertanggungjawaban atas pengelolaan sumber daya ekonomi yang dikelolanya”.

Alfian menambahkan, tujuan akhir yang ingin dicapai dari pendampingan tersebut yaitu laporan keuangan Yayasan Al-Ikhlas Brebes sesuai dengan standar pelaporan keuangan yang berlaku di Indonesia yaitu ISAK 35. 

“Hal yang mendasari dilakukannya pendampingan yaitu masih ada beberapa kekurangan pengetahuan pengelola mengenai standar pelaporan keuangan dan sistem pengendalian internal yang perlu ada dalam penyusunan laporan keuangan,” tambah Alfian.

Sekretaris Yayasan Al-Ikhlas Brebes Isunadi menjelaskan, laporan keuangan dan pembukuan secara berkala belum bisa dilakukan karena kendala kurangnya sumber daya manusia yang tersedia.

“Adanya pendampingan yang dilakukan oleh mahasiswa Akuntansi Sektor Publik sangat dirasakan manfaatnya. Karena pihak Yayasan mengetahui letak permasalahan dan dampak yang akan terjadi jika laporan keuangan tidak sesuai dengan standar pelaporan keuangan yang berlaku,” tambah Isunadi.

04 Juli 2023 - 14:47:02 WIB   0
Politeknik Harapan Bersama   Prodi D-4 Akuntansi Sektor Publik  

Share:

Tinggalkan Komentar

Email dan No. HP tidak akan kami publikasikan

Info Penerimaan Mahasiswa