Mahasiswa ASP Poltek Harber Digitalisasi Pelayanan dan Pengelolaan Keuangan Desa Kemuning

Tegal - Mahasiswa Program Studi Sarjana Terapan Akuntansi Sektor Publik (ASP) Politeknik Harapan Bersama (Poltek Harber) melakukan pendampingan digitalisasi pelayanan administrasi dan pengelolaan administrasi keuangan BUMDes di Desa Kemuning, Kecamatan Kramat, Kabupaten Tegal.

Dosen pembimbing tim mahasiswa, Muchammad Sofyan Firmansyah menuturkan, digitalisasi informasi merupakan hal yang sudah tidak asing lagi sejak masa Covid-19 hingga kini. 

“Manusia dituntut untuk dapat beradaptasi dengan teknologi walaupun saat pertama masih cukup sulit namun dengan keterbiasaan itu akan memunculkan sebuah keahlian,” kata Sofyan pada Kamis, (25/09/23).

“Keberadaan mahasiswa di desa sebagai bentuk pembelajaran mahasiswa di luar kelas. Bagaimana mereka bersosialisasi dengan masyarakat desa, mengumpulkan ide-ide dari masyarakat, pengalaman tersebut menjadi penting dan tidak bisa kami berikan di kelas,” lanjut Sofyan.

Mahasiswa terjun langsung ke masyarakat Desa Kemuning melalui program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Prodi sejak tanggal 24 Juli 2023 hingga 15 September 2023. Kegiatan ini dilakukan dengan mengoptimalisasikan sistem informasi hingga pelayanan administrasi di Desa Kemuning melalui website yang sudah ada. 

“Website desa sudah ada, hanya saja informasi yang dicantumkan masih sedikit,” tutur Effiksi, admin website Desa Kemuning.

Mahasiswa ASP Poltek Harber, Naufal Nur Safly mengungkapkan, mahasiswa melakukan pembuatan pencatatan transaksi hingga pelaporan keuangan BUMDes dengan sistem excel untuk BUMDes Abdimas Sejahtera di Desa Kemuning.

“Hal ini merupakan pembaruan pengelolaan administrasi yang sesuai dengan prinsip akuntansi,” ujar Naufal.

Sementara itu, Kepala Desa Kemuning Supratman menuturkan, warga telah menyambut baik karena merasa terbantu dengan sistem baru.

“Mahasiswa secara intens melakukan pendampingan, dari pembuatan sistem pelayanan hingga pengenalan sistem kepada warga desa sampai membuahkan hasil yang bermanfaat,” ujar Supratman.

“Dengan adanya mahasiswa di desa, selain mereka belajar kami juga merasa sangat terbantu. Saya harap dengan adanya sistem ini warga desa akan lebih mudah dan cepat dalam membuat surat,” tambahnya.

25 September 2023 - 10:29:18 WIB   0
Pengabidan Masyarakat   Politeknik Harapan Bersama   Prodi D-4 Akuntansi Sektor Publik  

Share:

Tinggalkan Komentar

Email dan No. HP tidak akan kami publikasikan

Info Penerimaan Mahasiswa