Mahasiswa ASP Poltek Harber Tingkatkan Akuntabilitas dan Transparansi Desa Trayeman

Tegal - Mahasiswa Program Studi Sarjana Terapan Akuntansi Sektor Publik (ASP) Politeknik Harapan Bersama (Poltek Harber) tingkatkan akuntabilitas dan transparansi Desa Trayeman melalui pendampingan Sistem Informasi Desa Trayeman (Si-Detra) dan pelaporan keuangan pada BUMDes di Desa Trayeman, Kecamatan Slawi, Kabupaten Tegal.

Dosen pembimbing mahasiswa, Andri Widianto, S.E., M.Si., Ak menuturkan, Si-Detra dibuat untuk memudahkan masyarakat Desa Trayeman melihat informasi terkait desa, media publikasi pembangunan desa, dan sebagai digitalisasi pelayanan desa” pada Senin (25/09/23).

Andri menambahkan, Si-Detra merupakan website yang sangat diinginkan oleh perangkat dan masyarakat  Desa Trayeman dimana di dalam website tersebut menunjukan bahwa desa transparan dan akuntabilitas.

“Dari sisi pengguna diharapkan dapat menyampaikan  kegiatan atau informasi mengenai desa dan mempermudah pengelolaan laporan keuangan BUMDes Trayeman,” tutur Andri

Selain itu Mahasiswa memberikan pendampingan kepada Direktur BUMDes Trayeman melalui sistem Si-Bumtra. Program pengabdian ini dilakukan selama 2 bulan sejak bulan Juli lalu hingga September 2023.

Mahasiswa ASP Poltek Harber, Shafa Fuadha menjelaskan, Si-Bumtra adalah sistem informasi berbasis website yang digunakan untuk memudahkan masyarakat Desa Trayeman yang membutuhkan pelayanan pada unit usaha BUMDes. 

“Sistem informasi yang terdapat pada website memudahkan pihak BUMDes dalam mencatat penerimaan dan pengeluaran di setiap unit usaha BUMDes serta mencatat Laporan Keuangan yang sesuai dengan standar yang berlaku,” kata Shafa.

Sementara itu, Kasi Kesra Desa Trayeman, M. Gymnastiar menyampaikan terima kasih kepada seluruh mahasiswa ASP Poltek Harber yang sudah membuatkan Sistem Informasi Desa baik itu Si-Detra maupun Si-Bumtra. Pengabdian selama 2 bulan ini, walaupun sangat singkat namun hasil dari pengabdian ini sangat bermanfaat bagi desa dan BUMDes Trayeman, karena sebelumnya Desa Trayeman belum memiliki Sistem Informasi berbasis website, harapannya Si-Detra dan Si-Bumtra ini dapat memudahkan masyarakat Desa Trayeman.

“Dengan adanya sistem ini, masyarakat dapat mengakses kegiatan yang ada di PEMDes maupun BUMDes. Pengabdian yang dilakukan mahasiswa adalah cerminan dari keikhlasan hati dan rasa syukur karena telah bermanfaat untuk masyarakat,” ujar Gymnastiar.

25 September 2023 - 09:30:41 WIB   0
Politeknik Harapan Bersama   Prodi D-4 Akuntansi Sektor Publik  

Share:

Tinggalkan Komentar

Email dan No. HP tidak akan kami publikasikan

Info Penerimaan Mahasiswa