Mahasiswa ASP Poltek Harber Tingkatkan Pengelolaan Sistem Informasi di Desa Banjaranyar Kab.Brebes

    Mahasiswa Program Studi (prodi) Sarjana Terapan Akuntansi Sektor Publik (ASP) Politeknik Harapan Bersama (Poltek Harber) melakukan pengabdian kepada masyarakat (PKM) di Desa Banjaranyar, Kecamatan Brebes, kegiatan ini dilakukan sejak tanggal 24 Juli 2023 hingga tanggal 15 September 2023.

Dosen Prodi Sarjana Terapan ASP Poltek Harber, Nurul Mahmudah menuturkan, program kerja utama PKM tersebut yaitu pembuatan website guna peningkatan informasi Bumdes kepada masyarakat.

“BUMDes Banjar Makmur yang dikelola oleh Desa Banjaranyar memiliki unit usaha persewaan alat berat berupa mesin molen, persewaan peralatan hajatan, dan persewaan lapak bawang yang siap dipasarkan. Namun, sistem informasi BUMDes Banjar Makmur masih dilakukan secara manual. Jadi masyarakat yang ada di desa Banjaranyar maupun luar daerah belum banyak mengetahui adanya kegiatan dan unit usaha yang ada di BUMDes Banjar Makmur,” kata Nurul

“Website ini nantinya bisa dijadikan media untuk pengetahuan masyarakat ketika ingin menyewa unit usaha yang ada di BUMDes. Adanya website dapat memudahkan para pengurus dalam pencatatan transaksi. Sebaiknya website BUMDes dikelola oleh satu admin dari pengurus BUMDes agar selalu update tentang kegiatan-kegiatan yang ada di BUMDes Banjar Makmur,” ujar Nurul Mahmudah.

Sekretaris Desa Banjaranyar, Nanang menuturkan, dengan adanya website BUMDes dapat meningkatkan Informasi mengenai unit usaha, agar laporan keuangan lebih transparansi kepada masyarakat.

“Mahasiswa Poltek Harber telah membantu membuat website BUMDes Banjar Makmur. Saya berharap setelah kegiatan pengabdian masyarakat, Desa Banjaranyar dan kampus Poltek Harber masih saling menjaga silaturahmi dengan baik,” kata Nanang.

19 September 2023 - 10:12:39 WIB   0
Pengabidan Masyarakat   Politeknik Harapan Bersama   Prodi D-4 Akuntansi Sektor Publik  

Share:

Tinggalkan Komentar

Email dan No. HP tidak akan kami publikasikan

Info Penerimaan Mahasiswa