Mahasiswa Perhotelan Poltek Harber Jaga Kelestarian Hutan Mangrove

    

Masahiswa Program Studi (Prodi) D-3 Perhotelan Politeknik Harapan Bersama (Poltek Harber) mengadakan kegiatan bakti sosial di Hutan Mangrove, Desa Kaliwlingi, Kecamatan Brebes, Kabupaten Brebes, pada Jumat, (14/06/23).

Kegiatan Bakti Sosial di hutan mangrove ini merupakan praktik perkuliahan Pendidikan Kewarganegaraan pada mahasiswa Prodi D-3 Perhotelan semester 2. Kegiatan yang dilakukan berupa bersih-bersih lingkungan, mulai dari pintu gerbang masuk tiket hingga menyeberang ke hutan mangrove serta mengajak para pengunjung yang lain agar lebih sadar dalam menjaga kebersihan lingkungan di sekitar mangrove.

Prasetya Putra Nugraha, M.Pd selaku Dosen Pengampu mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan sekaligus penanggung jawab kegiatan menyampaikan salah satu capaian pembelajaran pendidikan kewarganegaraan adalah mahasiswa mampu menghadapi tantangan perkembangan zaman terkait dalam kehidupan berbangsa dan bernegara khususnya dalam bidang pengembangan kebudayaan dan kepariwisataan.

“Sehingga dengan adanya kegiatan perkuliahan di lapangan ini, diharapkan mahasiswa lebih memahami tentang pengembangan dunia kepariwisataan. Pengembangan kepariwisataan tidak hanya selalu berorientasi pada pertumbuhan ekonomi saja, kite perlu peduli dalam menjaga lingkungan sekitarnya serta menciptakan estetika pariwisata itu sendiri,” kata Prasetya.

Sementara itu, Bambang Sutoyo selaku perwakilan dari pengelola wisata hutan mangrove yang juga turut mendampingi selama kegiatan mengatakan jika kegiatan ini sangat bermanfaat sekali. “Mahasiswa telah berpartisipasi dalam menjaga lingkungan di sekitar mangrove. Kami juga berharap mahasiswa turut mempromosikan keberadaan wisata hutan mangrove karena semenjak pandemi covid-19 jumlah pengunjung menurun,” kata Bambang.

“Hal ini juga berdampak pada pengelolaan wisata hutan mangrove. Dulu sebelum pandemi tim pengelola ada sekitar 50 orang namun setelah pandemi berkurang menjadi 12 orang,” tambahnya.

18 Juli 2023 - 11:53:07 WIB   0
Politeknik Harapan Bersama   Prodi D-3 Perhotelan  

Share:

Tinggalkan Komentar

Email dan No. HP tidak akan kami publikasikan

Info Penerimaan Mahasiswa