Mahasiswa Poltek Harber Praktik Asuhan Kebidanan Komunitas di Debong Kulon

Mahasiswa Program Studi (Prodi) D-3 Kebidanan  Politeknik Harapan Bersama (Poltek Harber) lakukan metode belajar dengan praktik langsung kepada masyarakat Debong Kulon pada 11 Desember hingga 30 Desember 2023 lalu.

Kegiatan yang dilaksanakan selama tiga minggu ini bertujuan untuk memberi gambaran nyata kepada mahasiswa tentang apa saja permasalahan kesehatan ibu dan anak yang sedang terjadi. Serta melatih mahasiswa untuk mencari solusi penyelesaian yang tepat untuk menangani permasalahan yang ditemukan selama survei.

Ketua Prodi D-3 Kebidanan Poltek Harber Seventina Nurul Hidayah mengatakan, kegiatan ini merupakan upaya yang dilaksanakan untuk mempersiapkan tenaga bidan yang terampil dan bermutu melalui pelatihan yang diberikan kepada mahasiswa dengan langsung terjun ke masyarakat.

“Kegiatan ini merupakan salah satu praktek mahasiswa yang biasa kita sebut dengan praktek asuhan kebidanan komunitas di pedesaan dengan menggunakan pendekatan pengembangan kesehatan masyarakat desa. Kegiatan kompetensi kebidanan komunitas ini, diharapkan akan tercapai di daerah yang mempunyai permasalahan kesehatan, khususnya kesehatan ibu dan anak”, kata Seventina.

Lurah Debong Kulon Hasanudin menuturkan, kedatangan mahasiswa Poltek Harber ke wilayahnya sebagai media praktek pembelajaran Prodi Kebidanan.

“Kami  berharap mahasiswa yang melakukan praktik mampu menemukan apa saja permasalahan kesehatan yang muncul di daerah kami. terutama kasus kesehatan terkait ibu dan anak. Semoga kita bisa bekerja sama untuk mengatasi permasalahan kesehatan yang terjadi”, tambah Hasan.

Dalam kegiatan ini, mahasiswa diminta melakukan survei kepada masyarakat tentang masalah kesehatan yang terjadi terutama pada kasus ibu dan anak. Kemudian mahasiswa melakukan musyawarah kepada masyarakat dan membahas tentang apa saja permasalahan yang mereka temukan, kemudian memprioritaskan permasalahan dan memberikan intervensi apa yang akan dilakukan. Selanjutnya mahasiswa melakukan implementasi dan di akhir kegiatan mahasiswa melakukan evaluasi pada kegiatan tersebut.

05 Januari 2024 - 14:50:28 WIB   0
Pengabidan Masyarakat   Politeknik Harapan Bersama   Prodi D-3 Kebidanan  

Share:

Tinggalkan Komentar

Email dan No. HP tidak akan kami publikasikan

Info Penerimaan Mahasiswa