Mahasiswa Poltek Harber Tegal Ikuti Misi Budaya Keliling Eropa

Abelia Nurmantika Putri, Mahasiswa Program Studi (Prodi) D-3 Akuntansi Politeknik Harapan Bersama (Poltek Harber) Tegal melalui yayasan Rumah Seni Tegal dipilih menjadi salah satu penari untuk tampil di acara “International Folklore Festival 2023”.

Abelia yang juga menjadi anggota unit kegiatan mahasiswa (UKM) Tari Poltek Harber, menjadi delegasi Indonesia dalam ajang “International Folklore Festival 2023” pada 26 Juni hingga 6 Agustus 2023 di beberapa negara Eropa, diantaranya Slovenia, Croatia, Bulgaria, dan Turki.

“Saya ingin membangun rasa percaya diri dan bakat saya dengan belajar berekspresi melalui tari. Hal tersebut dapat meningkatkan kreativitas serta kepercayaan diri saya baik dalam pergaulan di lingkungan kampus maupun di masyarakat,” kata Abel.

Dirinya merasa sangat senang dan bersyukur karena bisa terpilih menjadi salah satu perwakilan dari indonesia untuk mengikuti festival folklore internasional. 

“Yayasan Rumah Seni Tegal akan membawakan 15 tarian, selain menampilkan tarian dalam acara ini, tim Misi Budaya Yayasan Rumah Seni Tegal akan memperkenalkan produk khas Indonesia dan memperkenalkan masakan khas Indonesia kepada masyarakat internasional, melalui pameran barang khas negara peserta, workshop dan memasak makanan-makanan tradisional,” tambahnya.

Kegiatan utama dari International Folklore Festival Association (IFFA), meliputi promosi dan organisasi manifestasi budaya, acara dan festival di seluruh dunia, di mana berbagai kelompok dapat berpartisipasi: Grup Folkloric, Ensemble, Tim Majorette dan Marching Band, Paduan Suara, kelompok yang lebih suka Tarian modern, Balet, Orkestra, grup yang memelihara lagu tradisional, dll.

Kepala Bagian Pengembangan Mahasiswa Poltek Harber, Iin Indrayanti menyampaikan rasa bangga karena mahasiswanya dapat menjadi bagian dari upaya pelestarian sekaligus promosi budaya Indonesia. Khususnya budaya Indonesia yang sangat kaya akan nilai-nilai luhur. 

“Bersama tim tari dari Yayasan Rumah Seni Tegal, Abelia Nurmantika Putri sebagai perwakilan resmi Republik Indonesia akan berangkat dan menjalankan misi budaya di beberapa negara Eropa,” kata Iin.

“Dengan mengikuti kegiatan tersebut, diharapkan mahasiswa Poltek Harber dan generasi muda akan lebih mencintai dan melestarikan, serta mengenalkan budaya Indonesia sehingga akan mendongkrak kunjungan wisatawan ke Tanah Air,” tambah Iin.

06 Juli 2023 - 09:54:23 WIB   0
Lain - Lain   Politeknik Harapan Bersama   Prodi D-3 Akuntansi   Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM)  

Share:

Tinggalkan Komentar

Email dan No. HP tidak akan kami publikasikan

Info Penerimaan Mahasiswa