Perpus Harber Award Momentum Kolaborasi Tingkatkan Literasi

Perpus Harber Award ke-3 kembali digelar sebagai bentuk apresiasi kepada pemustaka sivitas akademik Politeknik Harapan Bersama (Poltek Harber), pada Rabu, (07/06/23).

Wakil Direktur Bidang Kemahasiswaan Poltek Harber Gunawan Adib Achmadi menuturkan, acara Perpus Harber Award sebagai simbol betapa pentingnya perpustakaan, buku,  dan persoalan literasi di dunia perguruan tinggi.

Menurut data UNESCO, lanjut Adib, minat baca masyarakat Indonesia sangat memprihatinkan. Hanya 1 orang dari 1000 orang di Indonesia yang rajin membaca.

“Melalui perpustakaan, kita perlu kolaborasi meningkatkan literasi. Kampus sangat support dalam membangun literasi, untuk membangkitkan kesadaran warga agar melek literasi,” kata Adib.

“Acara Perpus Harber Award bukan hanya kegiatan simbolis namun momen kebangkitan tradisi membaca, diskusi, dan wacana kritis,” ujar Adib.

Kepala Bagian Perpustakaan Poltek Harber M. Abdul Rohim menambahkan, pemustaka memainkan peran penting dalam pemanfaatan dan pengembangan layanan perpustakaan. Keterlibatan pemustaka berkontribusi terhadap pengembangan perpustakaan yang relevan, inklusif dan berpusat pada pengguna.

“Perpus Poltek Harber award 2023” merupakan bentuk nyata yang diberikan perpustakaan untuk mengapresiasi atas peran pemustaka meningkatkan pengembangan layanan perpustakaan. Ini merupakan tahun ketiga perpustakaan poltek harber memberikan apresiasi kepada pemustaka.   

Rohim menjelaskan, ada 3 kategori yang kami berikan penghargaan yang pertama yaitu pemustaka teraktif kategori mahasiswa, yang kedua pemustaka teraktif kategori dosen/tendik dan yang ketiga dosen teraktif menghibahkan buku hasil dari karya nya sendiri maupun penulis lain.

“Membaca buku membuat kita berpikir positif. Perpustakaan Harber menjadi tempat ternyaman untuk menumbuhkan ide-ide dan perenungan akademik,” ujar Dosen D3 Teknik Elektronika, Qirom, selaku pemustaka teraktif kategori dosen.

Pemustaka teraktif kategori mahasiswa, Maryana dari prodi D3 Akuntansi menambahkan, dengan banyak membaca kita akan mendapat beragam pengetahuan. 

“Buku untuk kehidupan. Jika buku adalah jendela dunia, maka perpustakaan adalah pintunya. Perpustakaan Harber memiliki ruangan yang nyaman untuk berdiskusi. Semoga koleksi semakin beragam membantu proses belajar mahasiswa,” kata Maryana.

08 Juni 2023 - 17:50:06 WIB   0
Perpustakaan   Politeknik Harapan Bersama  

Share:

Tinggalkan Komentar

Email dan No. HP tidak akan kami publikasikan

Info Penerimaan Mahasiswa