Poltek Harber Bakti Sosial di Rumah Pelayanan Lansia Brebes

Dosen Politeknik Harapan Bersama (Poltek Harber) berikan penyuluhan dan bakti sosial di rumah pelayanan sosial lanjut usia klampok, Brebes, pada Jumat (23/06/23).

Kegiatan ini dalam rangka praktik perkuliahan Pendidikan Kewarganegaraan (PKN) pada Prodi D-3 Keperawatan, Poltek Harber. Kegiatan yang dilakukan berupa penyuluhan pada lansia, senam lansia, dan bakti sosial di rumah pelayanan sosial.

Dosen pengampu PKN sekaligus penanggung jawab kegiatan, Prasetya Putra Nugraha menuturkan, kegiatan penyuluhan ini merupakan bagian dari implementasi perkuliahan Pendidikan Kewarganegaraan (PKN) di mana saat ini kurikulum menuntut agar pelaksanaan pembelajaraan lebih banyak ditekankan pada praktik di lapangan. 

“Adapun tujuan dari pembelajaran PKN yang salah satunya adalah menanamkan rasa cinta tanah air pada mahasiswa serta semangat bela negara. Bela negara pada dasarnya adalah sikap yang menunjukkan rasa cinta tanah air yang didasari oleh nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945,” kata Prasetya.

Menurut Prasetya, bela negara tidak selalu identik dengan angkat senjata, akan tetapi bisa dilakukan melalui pengabdian sesuai dengan profesi masing-masing. Penyuluhan pada lansia ini merupakan bagian daripada pengabdian bagi mahasiswa Keperawatan, sehingga dengan kegiatan ini diharapkan mampu memberikan kebermanfaatan bagi masyarakat, khususnya rumah lansia. 

“Kegiatan ini sangat bermanfaat sekali bagi rumah pelayanan sosial. Keberadaan para mahasiswa dianggap turut membantu secara psikologis bagi penghuni rumah pelayanan sosial karena mereka kebanyakan haus akan sosok seorang cucu, jadi mereka sangat terhibur sekali. Dengan keberadaan para mahasiswa mereka merasa memiliki semangat baru. Rumah pelayanan sosial sangat terbuka sekali kepada Poltek Harber apabila ingin mengadakan suatu kegiatan, baik itu berupa penyuluhan, bakti sosial, dan lain-lain,” ujar Rustinah, selaku perwakilan dari kepala rumah pelayanan sosial.

03 Juli 2023 - 14:49:25 WIB   0
Politeknik Harapan Bersama   Prodi D-3 Keperawatan  

Share:

Tinggalkan Komentar

Email dan No. HP tidak akan kami publikasikan

Info Penerimaan Mahasiswa