Poltek Harber Beri Edukasi Literasi Keuangan bagi Pengusaha Perempuan

Tim Dosen dan Mahasiswa D3 Akuntansi, Politeknik Harapan Bersama (Poltek Harber) Tegal, melakukan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) untuk Pengusaha Perempuan di Kabupaten Tegal, pada Rabu (26/07/23).

Kegiatan ini bekerjasama dengan Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Tegal, yang diselenggarakan di Kampus Potek Harber. Kegiatan PKM tersebut dilakukan oleh dosen Akuntansi terhadap para pengusaha perempuan berupa pemberian materi tentang Financial Literacy Planning dan pelatihan menggunakan aplikasi buku kas AKPHB yang merupakan aplikasi android ramah untuk para pengusaha perempuan. 

“Kita angkat tema kegiatan PKM kali ini mengenai Literasi Perencanaan Keuangan karena banyaknya perempuan yang berwirausaha, akan tetapi masih belum memiliki financial behavior yang mendukung dalam upaya menuju keuangan rumah tangga yang sejahtera,“ kata Ketua Tim PKM, Yeni Priatna Sari.

Yeni menambahkan, dengan adanya pemahaman tentang perencanaan keuangan diharap para peserta lebih paham mengenai cara mengatur keuangan bisnis dan keuangan keluarga.

Tujuan PKM ini untuk memberikan wawasan tentang manajemen keuangan bisnis dan keluarga. Materinya sangat berperan bagi para pengusaha perempuan agar mereka lebih mudah dalam mengatur keuangan dalam bisnisnya. Apalagi peserta juga diberikan praktik langsung menggunakan aplikasi android untuk mencatat pemasukan dan pengeluaran usaha di handphone masing-masing. 

“Pengenalan aplikasi pencatatan kas ini diberikan untuk membantu peserta dalam mengenali kondisi keuangan usahanya, mengetahui posisi keuangan, sehingga mampu menentukan prioritas dalam merencanakan keuangan bisnisnya”, kata salah satu anggota tim PKM, Aryanto.

Dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini juga diperkenalkan metode perencanaan keuangan dari negeri Sakura yang sudah cukup dikenal yaitu metode Kakeibo.

“Metode Kakeibo merupakan metode yang cukup sederhana akan tetapi dapat menjadikan para ibu mengendalikan pengeluaran dan merencanakan keuangan keluarga dan bisnis dengan lebih baik,” ujar Aryanto.

01 Agustus 2023 - 13:57:59 WIB   0
Pengabidan Masyarakat   Politeknik Harapan Bersama   Prodi D-3 Akuntansi  

Share:

Tinggalkan Komentar

Email dan No. HP tidak akan kami publikasikan

Info Penerimaan Mahasiswa