Poltek Harber Beri Edukasi Pemilihan Kosmetik Aman untuk Pelajar

Dosen dan mahasiswa Program studi (Prodi) D3 Farmasi Politeknik Harapan Bersama (Poltek Harber) mengadakan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dengan tema edukasi tentang pemilihan kosmetik aman melalui pengenalan cara uji kualitatif hidrokuinon terhadap produk skincare pada siswi SMK Muhammadiyah Lebaksiu, pada hari Senin, (17/07/23).

“Perilaku remaja di Indonesia mengalami perubahan seiring dengan perubahan zaman. Masyarakat di Indonesia terutama para remaja putri sekarang lebih mempercayai produk perawatan kulit ataupun skincare yang memberi janji wajah berubah semakin putih bersih untuk tampilan yang lebih menarik,” kata Muladi Putra Mahardika.

Tujuan dari pengabdian kepada masyarakat ini adalah meningkatkan pengetahuan kesehatan kulit siswi SMK Muhammadiyah Lebaksiu dengan pemahaman tentang pemilihan kosmetik yang aman. 

Rizki Febriyanti menjelaskan, produk skincare yang digunakan oleh para remaja saat ini, terutama produk skincare yang banyak dijual secara online lebih banyak mengandung hidrokuinon dan merkuri. “Padahal, dalam Peraturan Kepala Badan Pengawasan Obat dan Makanan Nomor 18 tahun 2015 tentang Persyaratan Teknis Bahan Kosmetika Hidrokuinon telah dilarang digunakan sebagai pemutih dalam kosmetik,” kata Rizki.

“Hidrokuinon hanya digunakan sebagai kosmetik untuk kuku artifisial dengan kadar 0,02%. Sedangkan merkuri tidak boleh ditambahkan ke dalam kosmetik sama sekali. Maka solusi yang ditawarkan dengan memberikan edukasi pemilihan kosmetik aman melalui pengenalan uji kualitatif hidrokuinon pada skincare,” tambahnya.

 Ketua tim PKM Susiyarti menambahkan, dari hasil pengujian terhadap 12 sampel kosmetik yang dibawa oleh peserta, ditemukan 4 sampel yang positif mengandung hidrokuinon. Hal ini dapat dilihat adanya perubahan warna saat dilakukan pengujian dari warna krem menjadi coklat tua. 

“Perubahan warna tersebut dilakukan dengan membandingkan sampel dengan grafik indikator warna yang terdapat dalam kemasan botol tes,” tutur Susiyarti.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMK Muhammadiyah Lebaksiu, Andi Riswandi berharap semoga dengan adanya kegiatan ini dapat meningkatkan pengetahuan para siswi tentang kesadaran dalam memilih dan menggunakan produk skincare yang aman dan baik.

28 Juli 2023 - 18:06:49 WIB   0
Pengabidan Masyarakat   Politeknik Harapan Bersama   Prodi D-3 Farmasi  

Share:

Tinggalkan Komentar

Email dan No. HP tidak akan kami publikasikan

Info Penerimaan Mahasiswa