Poltek Harber dan PUSPAGA Ajak Puluhan Remaja Putri Yoga

Dosen Prodi D-3 Kebidanan Poltek Harber ajak remaja putri lakukan yoga untuk atasi keluhan menstruasi. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) tersebut bekerja sama dengan Pusat Pembelajaran Keluarga (PUSPAGA) Kota Tegal dengan mengusung tema “Good Mood Jelang Menstruasi dengan Latihan Yoga”, pada Jum’at, (05/01/24).

Ketua PKM Juhrotun Nisa menuturkan, menjelang menstruasi biasanya para remaja memiliki beberapa keluhan. Keluhan tersebut akan mengganggu aktivitas sehari-hari jika tidak ditangani dengan baik.

“Penanganan keluhan menstruasi pada dasarnya bisa dilakukan dengan terapi farmakologi maupun non-farmakologi. Salah satu terapi non-farmakologi yang dapat dilakukan yaitu dengan aktivitas fisik. Yoga merupakan salah satu aktivitas fisik yang juga dapat dilakukan untuk mengurangi keluhan-keluhan menjelang menstruasi,” kata Nisa.

“Yoga dilakukan kurang lebih 1 jam 15 menit. Beberapa pose yoga yang dilakukan bermanfaat untuk mengurangi nyeri baik didaerah perut, pinggang menjelang menstruasi, selain itu juga dapat merilekskan tubuh. Pose tersebut diantaranya ada cat pose, tiger pose, cow pose, reclining twist, wide child’s dan arching pigeon,” tambah Nisa.

Sementara itu, salah satu anggota PUSPAGA, Widya Sufiyana mengatakan, senang dengan adanya kemitraan Poltek Harber dan PUSPAGA. 

“Adanya pertukaran informasi maupun praktik tentang yoga diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan remaja putri. Kami berharap adanya keberlanjutan kegiatan bersama antara Poltek Harber dengan PUSPAGA, tentunya dengan materi-materi yang berbeda baik kesehatan maupun non-kesehatan,” tutur Widya.

Adapun peserta dalam kegiatan tersebut merupakan remaja putri yang aktif dalam kegiatan PIK-KRR berjumlah 36 orang yang berasal dari 6 sekolah Tingkat menengah di Kota Tegal. Latihan yoga dipimpin oleh instruktur bersertifikasi dari  Kota Tegal yaitu Ain Fahmi Hidayati.

12 Januari 2024 - 10:59:15 WIB   0
Politeknik Harapan Bersama   Prodi D-3 Kebidanan  

Share:

Tinggalkan Komentar

Email dan No. HP tidak akan kami publikasikan

Info Penerimaan Mahasiswa