Poltek Harber dan Rumah BUMN Kolaborasi Bantu Promosi Produk UMKM

Mahasiswa Program Studi (Prodi) D-3 Desain Komunikasi Visual (DKV) Politeknik Harapan Bersama (Poltek Harber) bekerjasama dengan Usaha Mikro, Kecil Menengah (UMKM) Rumah Binaan Bank BNI Kota Tegal bantu promosi produk lewat pembuatan video pendek iklan komersial di Rumah BUMN Tegal pada, Rabu, (03/01/2024).

Kegiatan yang diberi nama Sainvisma (Desain Visual Jenama) ini merupakan program implementasi pembelajaran berbasis project pada mata kuliah Periklanan prodi DKV. Kegiatan yang diselenggarakan selama dua minggu sejak 24 Desember 2023 bertujuan untuk mengedukasi dan membantu promosi produk UMKM unggulan melalui pembuatan video pendek iklan komersial untuk kebutuhan promosi pada Instagram.

Ketua Prodi DKV Poltek Harber Ahmad Ramdhani menuturkan, ketika memasuki semester ganjil mahasiswa mendapatkan pembelajaran yang adaptif, dinamis, dan dituntut menjalin kolaborasi dengan banyak pihak. Mahasiswa langsung terjun ke masyarakat untuk mengerjakan project berbasis klien.

“Dalam kolaborasi ini, mahasiswa DKV Poltek Harber mendapat kesempatan untuk menjadi bagian dari project sebagai tim konten kreator. Mahasiswa dipertemukan langsung dengan 13 UMKM terpilih untuk mengerjakan video short iklan komersial produk unggulan, beserta desain pendukungnya untuk kebutuhan konten dan promosi di media sosial Instagram”, ungkap Ahmad.

Pengelola Rumah BUMN Tegal Firlyal Hanifah mengungkapkan, kegiatan Sainvisma ini memberikan manfaat dan dampak langsung kepada 13 produk unggulan umkm terpilih. Pasalnya video yang telah dibuat oleh mahasiswa mendapatkan apresiasi dari UMKM dan langsung diintegrasikan dalam berbagai kampanye pemasaran.

“Video iklan komersial dapat meningkatkan kesadaran merek atau jenama dan eksposur pada produk unggulan untuk membantu calon pelanggan memahami manfaat dan keunikan yang ditawarkan. Kami berharap program Sainvisma ini terus berlanjut mengingat rumah  BUMN Tegal telah membina ratusan UMKM dari wilayah eks-karesidenan Pekalongan,” kata Firlyal.

“UMKM yang terlibat juga mendukung pembelajaran mata kuliah Periklanan di DKV. Kami tidak hanya mendapatkan fasilitas video dan desain pendukung tapi kami belajar dengan tentang desain dan branding khususnya pada konten iklan,” tambahnya.

Program Sainvisma ini diharapkan mampu memberikan pandangan kepada mahasiswa DKV bagaimana berhadapan langsung dengan klien, serta meningkatkan mental mahasiswa untuk berkomunikasi dengan baik dan hasil dari project ini dapat dijadikan portofolio karya mahasiswa kelak.


05 Januari 2024 - 11:02:02 WIB   0
Pengabidan Masyarakat   Politeknik Harapan Bersama   Prodi D-3 Desain Komunikasi Visual  

Share:

Tinggalkan Komentar

Email dan No. HP tidak akan kami publikasikan

Info Penerimaan Mahasiswa